Ditegur Menpan, Bupati Rombak Birokrasi

5-foto HL-PNS apel-aliBangkalan, Bhirawa
Pemkab Bangkalan pada tahun 2015 ini berencana akan melakukan perampingan di jajaran birokrasi. Hal ini tidak terlepas dari masukan yang diberikan Menpan saat melakukan pertemuan di Gedung Grahadi Surabaya pada Bulan lalu dengan pemerintah Kab/Kota se-Jawa Timur.
Menurut Bupati Bangkalan, Moh. Makmun Ibnu Fuad, Menpan menganjurkan adanya perombakan dalam pemerintahan daerah sehingga bisa mengefisienkan program serta anggaran khususnya di Kabupaten Bangkalan. “Adanya usulan Perampingan Birokrasi yang diusulkan Pemerintah pusat, karena dianggap birokrasi di Bangkalan terlalu gemuk, sehingga banyak pengalokasian dana yang tumpang tindih,” ungkap Ra. Momon, sapaan akrabnya, Selasa (14/4).
Menurut Ra. Momon, Pada tahun ini Bangkalan tidak hanya akan mengevaluasi atau merampingkan di jajaran birokrasi akan tetapiĀ  jauh dari itu, segala program SKPD harus memakai logika hasil dari pada logika penyerapan anggaran. “SKPD harus benar-benar memperhatikan seberapa besar manfaatnya program yang akan dijalankan terhadap masyarakat, kalau tidak bermanfaat ndak usah di teruskan,” tegas Momon.
Menurutnya, perampingan yang diusulkan Menpan sangat realistis, hal ini diliat dari sudut pandang anggaran yang ada di Bangkalan yang pada tahun ini sangat minim sekali, “Nantinya, birokrasi yang dinilai terlalu gemuk, anggarannya bisa dialihkan buat kepentingan masyarakat,” tandasnya. [mb8]

Tags: