DKP Sidoarjo Pangkas Pohon Antisipasi Musim Hujan

DKP Sidoarjo Pangkas PohonSidoarjo, Bhirawa
Meminimalisir resiko pengguna jalan jadi korban tertimpa pohon saat memasuki musim hujan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kab Sidoarjo, mulai melakukan pemangkasan sejumlah pohon di pinggir jalan protokol Kota Delta.
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kab Sidoarjo, Bahrul Amig mengatakan, pihaknya harus siap-siap sebelum musim hujan mulai mengguyur Sidoarjo. Sebab menjelang sebelum musim hujan turun biasanya diikuti dengan angin kencang.
”Saat hujan jangan sampai ada pohon yang roboh hingga mengenai pengguna jalan, makanya pohon-pohon yang terbilang tua, keropos dan rimbun, kita pangkas,” tutur Amig, Rabu (19/11).
Pemangkasan pohon ini, kata Amig, selain hasil evaluasi dan pantauan DKP, juga terkadang bisa dari laporan warga. Diakui, pohon yang ditebang adalah pohon yang berada di pinggir jalan-
jalan protokol. Kalau pohon yang berada di daerah pinggiran, ia minta peran aktif masyarakat. Sebab tenaga petugasnya tentu saja sangat terbatas.
Ditambahkan, pemangkasan pohon juga kadang bisa dilakukan tak selalu saat musim hujan saja. Tapi juga sewaktu-waktu bisa dilakukan bila dibutuhkan. Sebab jangan sampai ada kejadian pengguna jalan yang tertimpa pohon. ”Untung saja selama ini tak sampai ada kejadian,” kata mantan Camat Krian ini.
Karena itu, ia menghimbau agar pengguna jalan waspada saat lewat. Juga bila berteduh di bawah pohon saat hujan. Pemangkasan pohon terkadang juga dilakukan saat pukul 24.00 WIB, hal ini untuk menghindari kemacetan lalu lintas yang ramai. Sedangkan pagi hari hanya waktu tertentu saja. [ali]

Tags: