Dokkes Polda Jatim Gelar Pemeriksaan Kesehatan di Kabupaten Situbondo

Kapolres Situbondo, AKBP Sugandi, saat menjalani pemeriksaan kesehatan berkala dari tim Dokkes Mapolda Jatim, Kamis (13/2). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jatim melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi personil polisi di Mapolres Situbondo, kemarin (13/2). Kegiatan yang diikuti personil Polres Situbondo berlangsung di gedung Bhayangkara Jananuraga. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan laboratorium, tinggi dan berat badan, tensi darah, treadmil, EKG, rontgen, pemeriksaan gigi dan kesehatan jiwa (keswa).
Dalam kegiatan yang rutin diadakan Polda Jatim itu tampak diantaranya Kapolres Situbondo AKBP Sugandi dan jajaran pejabat utama Polres Situbondo. Kapolres dan jajaran perwira juga mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan (rikkes) dengan perwira staf, para Kapolsek dan anggota Polres serta jajaran Polsek berikut kalangan ASN. “Semua personil kompak mengikuti pemeriksaan kesehatan yang rutin diadakan Polda Jatim ini,” ujar Kapolres Situbondo AKBP Sugandi.
Kapolres Sugandi mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini terselenggara berkat adanya fasilitas yang diberikan institusi Polri kepada anggota polisi agar supaya memiliki kondisi badan yang sehat. Terutama, ujar mantan Kapolres Pacitan itu, selama menjalankan tugas sebagi polisi saat melayani kepentingan dan kebutuhan masyarakat Kota Santri Situbondo. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Polda Jatim khususnya Biddokkes atas pelaksanaan pemeriksaan kesehatan di Polres Situbondo,” ucap Kapolres Sugandi.
Sementara itu Ketua Tim Biddokkes Polda Jatim, Kompol Wiraksi mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini rutin dilaksanakan setiap 6 bulan sekali di seluruh jajaran Polres se-Jatim. Kegiatan ini, lanjut Wiraksi, bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan personil polisi yang ada di jajaran Polda Jatim.
Untuk tahun ini, kata Wiraksi, Polres Situbondo mendapat kuota 138 personil yang mengikuti pemeriksaan kesehatan yang terbagi menjadi 3 kategori usia. “Pertama katagaori usia 40 tahun keatas sebanyak 40 personil. Kedua usia 30 – 40 tahun sebanyak 65 personil dan terakhir ketiga usia 30 tahun kebawah sebanyak 33 personil,” beber Wiraksi.
Masik menurut Wiraksi, jika dari hasil pemeriksaan berkala ditemukan ada anggota polisi yang terindikasi terkena penyakit, maka surat hasil rekam medis akan dilampiri rujukan untuk berobat ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim atau Rumah Sakit Daerah setempat.[awi]

Tags: