Donor Darah Meningkat Selama Setahun Terakhir

Jakarta, Bhirawa
Palang Merah Inonesia (PMI) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) 2014, dengan salah satu agenda membahas pencapaian program-program kerja PMI selama tahun 2013, di antaranya peningkatan jumlah Donor Darah Sukarela (DDS) aktif sebanyak 7,6 persen dari tahun 2012 hingga tahun 2013.
“Donor Darah Sukarela (DDS) aktif menunjukkan peningkatan 7,6% dari 2.243.462 DDS aktif pada tahun 2012 menjadi 2.414.042 DDS aktif pada akhir tahun 2013. Jumlah kantong darah yang diperoleh pada tahun 2013 sebesar 2.500.000 kantong darah,” demikian dikutip dari situs resmi Palang Merah Indonesia, Jakarta.
Peningkatan ini didukung oleh Distribusi Mobil Unit Donor Darah (UDD) sebagai langkah untuk meningkatkan pelayanan donor darah di tingkat UDD PMI provinsi serta kabupaten, kota dalam menjangkau pedonor darah sukarela.
Sudah ada 106 Mobil unit Donor Darah yang didistibusikan ke 109 UDD PMI provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, dan program ini dilaksanakan sejak tahun 2011.
Selain itu di bidang pelaksanaan program pencegahan di masyarakat, PMI juga melakukan pendidikan untuk kegiatan kampanye Road Safety dengan melakukan kemitraan strategis dengan beberapa instansi.
Seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, dan Polri serta menjadi anggota Global Road Safety Partnership (GRSP) dan berpartisipasi dalam Apel Siaga Lebaran 2013, dengan mendirikan 237 Pos-pos Pertolongan Pertama (PP) di Jalur Mudik.
Upaya Road Safety dan Pos PP ini juga didukung pelayanan 219 Ambulans PMI yang tersebar di PMI provinsi-kabupaten-kota di seluruh Indonesia.
“Evualuasi Kita sangat penting terhadap masyarakat dalam kegiataan kemanusiaan” ujar Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla saat menghadiri Mukernas PMI di Jakarta.
Selain itu Mukernas ini juga membahas tentang pemaparan kerja untuk tahun 2014, di antaranya PMI terus meningkatkan kualitas darah dan standar pelayanan donor darah termasuk pengembangan sistem informasi donor darah yang berbasis website.
PMI juga akan membangun pabrik kantong darah dan fraksionasi plasma sebagai tindak lanjut program untuk donor darah.
Untuk program penanggulangan bencana PMI terus bekerja untuk kedaruratan dalam penanggulangan bencana dan pengembangan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana. Kaswir. [ant]

Tags: