Dorong Gemar Makan Ikan, Dinas Perikanan Tulungagung Gelar Lomba Masak Ikan

Siyuk Maryoto Birowo didampingi Lugu Tri Handono saat mencicipi masakan peserta lomba masak cipta berbahan ikan, Senin (27/6).

Tulungagung, Bhirawa.
Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung menggelar lomba masak cipta menu berbahan ikan di Aula Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, Senin (27/6). Lomba ini untuk mendorong peningkatan ikan bagi masyarakat Tulungagung.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tulungagung, Siyuk Maryoto Birowo, saat hadir dan membuka acara tersebut menyatakan lomba cipta menu berbahan ikan merupakan bagian atau implementasi program gerakan masyarakat gemar makan ikan (Gemarikan).

“Melalui program Gemarikan ini diharapkan tumbuh kesadaran baik individu maupun kolektif di masyarakat untuk mengonsumsi ikan yang aman dan sehat,” ujarnya.

Selanjutnya ia pun berharap dalam lomba yang diikuti TP PKK seluruh kecamatan se-Tulungagung itu Gemarikan dapat digalakkan, termasuk di posyandu. Terlebih angka stunting di Tulungagung masih belum bisa dikata sudah rendah.

“Angka stunting di Tulungagung masih relatif tinggi, meski di bawah angka Provinsi Jatim,” bebernya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, Lugu Tri Handoko, menyatakan pula jika penyelenggaraan lomba masak cipta menu berbahan ikan yang selalu dilakukan setiap tahun tersebut untuk meningkatkan konsumsi ikan khususnya masyarakat Tulungagung. Selain juga penganekaragaman jenis olahan ikan dan merangsang kreatifitas untuk menciptakan menu baru berbahan dasar ikan.

“Dengan penyelenggaraan lomba masak berbahan dasar ikan ini pula kami ingin mendorong agar ikan menjadi bahan pangan pokok di Tulungagung,” tuturnya.

Sementara itu, dari hasil penjurian lomba masak cipta menu berbahan ikan tampil sebagai juara satu yakni TP PKK Kecamatan Rejotangan dengan total nilai 1.410. Kemudian disusul sebagai juara dua TP PKK Kecamatan Ngunut (total nilai 1.330) , juara tiga TP PKK Kecamatan Ngantru (1.315), juara harapan pertama TP PKK Kecamatan Bandung (1.260) dan juara harapan dua TP PKK Kecamatan Kedungwaru (1.248).

Kelima TP PKK yang meraih juara ini masing-masing mendapat piala dan piagam penghargaan. Rencananya, bagi juara satu akan diikutkan dalam lomba serupa di Provinsi Jatim.

Sedang sebagai juri lomba masak cipta menu berbahan ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung menunjuk profesional chef yang ahli di bidangnya. Yakni, Chef Farikh Makhfud yang berasal dari Lamongan, Chef M Hadi Syai’un dari Tulungagung dan Suci Rahayu, staf pengajar tata boga SMKN 2 Boyolangu Tulungagung. (wed.hel)

Tags: