Dorong Gerakan Cinta Produk Lokal

Wujud cinta terhadap bangsa dan negara, salah satunya bisa dibuktikan dengan mencitai produk dalam negeri. Dengan melakukan hal tersebut maka secara tidak langsung dapat membantu pemerintah meningkatkan perekonomian. Itu artinya, dengan menggunakan produk lokal yang ada di sekitar tentu sangat membantu perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Untuk itu, momentum peningkatan dan pemanfaatan produk-produk lokal harus konsisten dilakukan sebagai upaya membangkitkan sektor UMKM, dalam rangka mewujudkan perekonomian nasional yang tangguh. Terlebih, ditengah ketidakpastian perekonomian dunia, pemanfaatan produk-produk lokal hasil sektor UMKM harus terus ditingkatkan sebagai salah satu upaya memperkuat perekonomian nasional.

Terlebih, catatan Bank Indonesia (BI) menyebutkan saat ini Indonesia memiliki pangsa pasar domestik yang kuat. Tercermin dari sektor konsumsi yang mencapai 55% dari Produk Domestik Bruto (PDB). UMKM lokal bisa diakselerasi lewat pemanfaatan infrastruktur digital. Terlebih, berdasarkan laporan dari lembaga survei digital We Are Social and Hootsuite pada Oktober 2022 tercatat 55,2% pengguna internet mengunjungi dan bertransaksi di situs belanja online. Saat ini ada 77% total masyarakat Indonesia aktif menggunakan layanan internet.Catatan hasil survei tersebut, dapat menjadi landasan strategi untuk pemanfaatan infrastruktur digital dalam memperkenalkan dan memasarkan produk lokal. Pasalnya, pengenalan produk-produk lokal melalui jaringan internet merupakan langkah penting agar masyarakat lebih memahami dan mencintai produk negeri sendiri.

Di sisi lain, komitmen para pemangku kepentingan di pusat dan daerah dalam percepatan peningkatan pemanfaatan produk lokal harus benar-benar diwujudkan. Malalui sejumlah peraturan yang telah diterbitkan Pemerintah dalam rangka mendorong pemanfaatan produk lokal dan UMKM rupanya kepatuhan sejumlah daerah, kementerian dan lembaga belum maksimal dijalankan. Padahal. kepatuhan para pemangku kepentingan dalam menjalankan kebijakan dan peningkatan kecintaan masyarakat dalam menggunakan produk lokal, setidaknya dapat menjadi faktor pendorong yang kuat dalam mengakselerasi pemanfaatan produk lokal, sebagai bentuk kepedulian masyarakat dalam upaya meningkatkan pemanfaatan berbagai barang dan jasa karya anak bangsa dapat menjadi satu gerakan, yang pada akhirnya mampu memperkuat perekonomian nasional di tengah ketidakpastian global.

Novi Puji Lestari
Dosen FEB Universitas Muhammadiyah Malang.

Rate this article!
Tags: