Dorong Pemasaran E-Commerce

Ema Umiyyatul Chusnah atau Ning Ema

Ema Umiyyatul Chusnah atau Ning Ema
Pemasaran hasil-hasil pertanian saat ini ditantang dan dituntut mengikuti perkembangan zaman. Pada era digital seperti saat ini, penggunaan E-Commerce sebagai teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik menurut Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Ema Umiyyatul Chusnah, mutlak diperlukan.
Di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang misalnya, di daerah ini banyak dihasilkan hasil pertanian kopi. Untuk itu, Ning Ema mendorong petani setempat agar memanfaatkan tekhnologi digital dari telepon seluler (Ponsel) untuk memasarkan kopi dari Wonosalam.
“Ini pemasarannya harus sudah menggunakan E-Commerce. Hari ini orang belanja tidak perlu keluar (rumah), tinggal bawa hand phone, buka gerai online. Kalau petani nggak begitu, akan kalah cepat dengan yang lain,” ujar Ning Ema.
Dengan kemasan yang bagus, dan ditunjang dengan legalitas yang lengkap, hasil produksi pertanian seperti kopi, layak dipasarkan dengan menggunakan E-Commerce. “Kalau nggak maju, kita nggak bisa bersaing,” kata Ning Ema menandaskan.
Untuk itu, Ning Ema mendorong Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pertanian Kabupaten Jombang agar membuat program pembinaan dan pelatihan bagi petani terutama bagi para petani muda tentang pemasaran hasil pertanian dengan menggunakan E-Commerce. “Apapun bentuknya. Keripik pisang itu juga hasil pertanian, durian jadi permen dan lain-lain, itu kita kemas bagaimana caranya bisa masuk di E-Commerce,” ucap Ning Ema. [rif]

Rate this article!
Tags: