Dorong Pemerataan Pendidikan

foto ilustrasi

Berbicara soal pendidikan di negeri ini, memang selalu menarik untuk dikaji dan analisis. Wajar adanya, jika persoalan seputar pendidikan ini selalu menarik untuk dibahas dan dicarikan jalan solusinya. Termasuk salah satunya adalah persoalan kesenjangan pendidikan di tanah air yang diakibatkan pandemi Covid-19 menjadi suatu kenyataan yang memang sulit untuk dihindari, dan justru persoalan kesenjangan pendidikan tersebut, kini menjadi sorotan publik.

Alhasil, pemerintah sudah semestinya perlu melakukan upaya penyamarataan layanan pendidikan di setiap wilayah Indonesia dengan mensejajarkan dan menyediakan dukungan tambahan kepada daerah yang lebih terdampak dibanding lainnya. Adapun, berbagai faktor yang dapat mendukung upaya pemerataan pendidikan di Indonesia bisa ditinjau dari kualitas tenaga pendidik, biaya pendidikan, sarana dan prasarana pendukung, sister school serta kurikulum. Semua faktor itu, perlu mendapat perhatian dari pemerintah agar pembelajaran dapat terus berlangsung. Mungkin juga menyediakan layanan dukungan psikososial untuk guru dan murid serta mendukung keterlibatan orang tua dan guru.

Terlebih dalam masa emas perkembangan anak tentu sangat dibutuhkan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu tumbuh kembang jasmani dan rohani. Hal itu, bertujuan agar anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. Hal tersebut, sejatinya sejalan dengan amandemen UUD 1945 pasal 28 C, yang didalamnya dijelaskan bahwa setiap anak berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasar, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan umat manusia.

Atas dasar itulah, maka sebuah lembaga pendidikan berkewajiban melakukan pembinaan, pembentukan dan pengembangan potensi dasar yang dimiliki oleh setiap anak agar dapat digunakan secara baik dan professional. Termasuk dalam peningkatan mutu para pendidik di institusi pendidikan. Realitas tersebut, diharapkan berbanding lurus dengan pemerataan pendidikan di Indonesia khususnya di daerah pedalaman, sehingga dengan begitu cita-cita bangsa dalam pengembangan sumber daya manusia berkualitas menuju Indonesia gemilang akan segera terwujud.

Asri Kusuma Dewanti
Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

Rate this article!
Tags: