Dorong Persaingan Usaha Sehat, Jatim Raih Penghargaan KPPU Award 2020

Kadisperidag Jatim Drajat Irawan menerima KPPU Award 202 dari Ketua KPPU Pusat Kurnia Toha.

Pemprov, Bhirawa
Pemerintah Provinsi Jatim kembali mendapatkan penghargaan di tingkat nasional. Kali ini Pemprov. Jatim mendapatkan penghargaan KPPU(Komisi Pengawas Persaingan Usaha) Award Pratama Kategori Persaingan Usaha Daerah.
Penghargaan ini merupakanbentuk apresiasi terhadap dukungan dan upaya pemerintah daerah dalam mendorong persaingan usaha yang sehat dan membangun pola kemitraan yang ideal.
Penganugerahan KPPU Award 2020 diberikan secara langsung oleh Ketua KPPU Pusat Kurnia Toha kepada Kadisperidag Jatim DrajatIrawan yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Hotel Westin, Jakarta Selasa (15/12).
KPPU Award untuk tingkat Pemerintah Provinsi sendiri terdiri dari 2 kategori, yaitu Kategori Persaingan Usaha Daerah, yang diberikan pada 4 Provinsi; danKategori Kemitraan Daerah, yang diberikan kepada 4 Provinsi.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa Jatim akan terus mendukung upaya KPPU sebagai lembaga independen yang bertugas dalam mengawasi pelaksanaan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.
“Pemerintah Provinsi Jatim terusmendorong nilai-nilai persaingan usahayangmenjadi bagian penting dari kebijakan ekonomi dan sejalan dengan prinsip persaingan usaha sehat sesuai dengan UU nomor 5 Tahun 1999, serta upaya membangun pola kemitraan yang ideal berdasarkan UU No. 20 Tahun 2008”, jelas Khofifah.
KPPU Award yang digelar pada tahun 2020 ini merupakan yang pertama kalinya, dimana proses penilaian dilakukan sejak Juni 2020 secara kuantitatif dan kualitatif berdasarkan interaksi yang telah dilaksanakan KPPU dengan K/L dan Pemerintah Provinsi.
Indikator penilaian yang ditetapkanmeliputi Inisiatif Pemerintah Provinsi untuk mendorong persaingan usaha di daerahnya dengan melakukan koordinasi dan konsultasi ke KPPU, menginisiasi dan melaksanakan kerja sama, serta menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti diskusi/seminar atau forum lain terkait persaingan usaha dan kemitraan.
Indikator kedua adalah kontribusi Pemerintah Provinsi baik langsung maupun tidak langsung untuk memfasilitasi berbagai agenda KPPU di wilayahnya. Sedangkan indikator terakhir yaitu Pemprov. Jatim dinilai telah melibatan KPPU secara langsung sebagai bagian dari tim dalam pelaksanaan pengawasan persaingan dan pengawasan kemitraan.
“Semoga apresiasi ini bisa memberikan tambahan semangat bagi kami untuk selalu bersinergi dengan KPPU dalam mewujudkan persaingan usaha dan kemitraan yang sehat di Jatim, guna mendorong ekonomi daerah dalam mewujudkan masyarakat Jatim yang semakin sejahtera,”pungkas Khofifah. [gat]

Tags: