Dorong World Class University, IAIN Kediri Jalin Kerjasama dengan UKM

IAIN Kediri terus berupaya mendorong target sebagai kampus dengan predikat world class university.

Kediri, Bhirawa
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri terus berupaya mendorong target sebagai kampus dengan predikat world class university. Komitmen tersebut dibuktikan dengan memperluas kerjasama internasional dengan kampus yang memiliki reputasi dunia.

Salah satunya adalah Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) yang menduduki peringkat 129 dunia. Hari ini, Senin, (26/9/2022) dilakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) secara virtual. Acara ini dihadiri pejabat tinggi dari kedua perguruan tinggi.

Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani oleh Rektor IAIN Kediri, Wahidul Anam, dan Dekan Fakulti Pengajian Islam Universiti Kebangsaan Malaysia, Ahmad Sunawari Long, menjadi bukti keseriusan kedua belah pihak dalam menjalin kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi. Di antaranya bidang kepengajaran (teaching), riset kolaborasi (research collaboration), pertukaran pelajar (student exchange), dan seminar internasional (international conference).

“Dengan adanya kerja sama ini, saya berharap ada kemajuan yang didapat oleh kedua belah pihak dalam bidang pendidikan maupun penelitian. Masing-masing perguruan tinggi nantinya dapat melakukan riset kolaborasi antar dosen, dan juga dapat melakukan pertukaran mahasiswa,” ujar Wahidul Anam.

Wahidul Anam menyampaikan rasa terima kasih kepada Universiti Kebangsaan Malaysia atas kesediaannya melakukan kerja sama dengan IAIN Kediri. Ke depan, ia berhadap kerja sama ini bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan output maksimal untuk kepengembangan kedua perguruan tinggi.

Sementara, Dekan Fakulti Pengajian Islam Universiti Kebangsaan Malaysia, Ahmad Sunawari Long, juga mengapresiasi positif adanya kerja sama ini. Menurutnya, salah satu cara untuk mendongkrak peringkat universitas dengan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam bidang akademik. Ia berharap output dari adanya kerja sama ini bisa memberikan sumbangsih besar kepada pembangunan sosial, penyebaran ilmu, dan perkembangan penelitian. [iib.van.hel]

Tags: