DPD Apersi Jatim Berikan Kemudahan Anggota PWI Malang Raya Dapatkan Perumahan

Ketua DPD Apersi Jatim Machrus Sholeh (tengah) saat berfoto bersama dengan pengurus baru PWI Malang Raya periode 2021-2024. [cahyono/Bhirawa]

Kab Malang, Bhirawa
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman (Apersi) Jawa Timur, telah memberikan kesempatan kepada anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya untuk mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan perumahan bersubsidi di wilayah Kabupaten Malang dan Kota Malang.

Sehingga dalam waktu dekat ini, DPD Apersi Jawa Timur (Jatim) akan melakukan kerjasama dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PWI Malang Raya. “Kami siap melakukan MoU dengan PWI Malang Raya terkait kerjasama dalam penyedian perumahan bagi anggota PWI Malang Raya. Dan kerjasama yang akan kita lakukan, ini pertama kali kami lakukan kerjasama dengan organisasi kewartawanan,” ujar Ketua Apersi Jatim H Machrus Sholeh, Minggu (17/1), kepada Bhirawa.

Menurutnya, perumahan bersubsidi yang kita tawarkan kepada anggota PWI Malang Raya, Type 23 dan Type 30 dengan luas tanah 60 meter persegi (m2). Sedangkan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Type 23 harganya sebesar Rp 133 juta, dan yang Type 30 sebesar Rp 152 juta. Dan para anggota PWI Malang Raya yang mengajukan untuk mendapatkan rumah bersubsidi, nantinya angsuran terendah hanya Rp 1 juta, dan tanpa Down Payment (DP) atau tanpa uang muka. Sehingga dengan angsuran sebesar itu, harus diangsur selama 20 tahun.

“Namun jika para anggota PWI tersebut awalnya memakai DP, tentunya akan lebih ringan dalam mengangsur setiap bulannya. Dan yang jelas, dirinya akan memberikan kemudahan kepada anggota PWI Malang Raya dalam mendapatkan papan atau perumahan,” tegas Machrus.

Ditempat terpisah, salah satu anggota PWI Malang Raya, yang juga wartawan surabayapost.com Muhammad Cholil mengatakan, dirinya telah memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada pengurus PWI Malang Raya periode 2021-2024, yang mana telah memperhatikan anggotanya terutama dalam kebutuhan papan atau tempat tinggal. Karena memang selama ini, masih banyak wartawan di Malang Raya belum memiliki tempat tinggal.

Sehingga, lanjut dia, dengan adanya kerjasama antara pengembang perumahan dengan PWI Malang Raya, hal ini telah memberikan harapan kepada anggota akan kebutuhan papan. Untuk itu, teman-teman wartawan langsung pada mengajukan pendaftaran. “Ini kesempatan yang baik bagi anggota PWI untuk memperoleh perumahan dengan harga murah dan angsuran juga murah. Dan tentunya dengan angsuran Rp 1 juta per bulan sangat dijangkau oleh teman-teman wartawan. Apalagi untuk mendapatkan perumahan bersubsidi itu tidak ada uang muka,” jelasnya,

Hal yang sama juga disampaikan, Anggota PWI Malang Raya Binar Gilang bahwa ini sebuah terobosan baru yang dilakukan oleh pengurus baru PWI Malang Raya, terkait adanya kerjasama dengan DPD Apersi Jatim, yang mana anggota PWI akan diberikan kemudahan untuk mendapatkan perumahan. Karena sebelumnya, tidak ada program dalam mendapatkan kemudahan akan perumahan bagi wartawan. “Dengan tawaran itu, maka dirinya tidak berpikir panjang langsung mengajukan untuk mendapatkan perumahan bersubsidi,” tandas dia, yang kini sebagai wartawan timesindonesia.co.id. [cyn]

Tags: