DPRD Kabupaten Tulungagung Belum Proses PAW Anggota PKB

Budi Fatahillah M

Tulungagung, Bhirawa
DPRD Tulungagung sampai saat ini belum memproses pergantian antarwaktu (PAW) anggota fraksi PKB. Masalahnya, DPC PKB Tulungagung belum juga mengajukan surat usulan PAW terhadap anggota Fraksi PKB, HM Zaenudin Asyari, yang bebeberapa waktu lalu meninggal dunia.
Sekretaris DPRD (Sekwan) Tulungagung, Budi Fatahilah Mansyur, Kamis (16/1), mengungkapkan PAW anggota Fraksi PKB belum diproses sebab belum ada pengajuan dari DPC PKB Tulungagung. “Sampai sekarang (kemarin) belum ada surat pengajuan PAW dari DPC PKB Tulungagung,” ujarnya.
Budi Fatahilah menandaskan dewan belum bisa memproses PAW jika masih belum ada pengajuan surat dari DPC PKB Tulungagung. Karena itu, DPRD Tulungagung masih menunggu surat pengajuan PAW tersebut untuk melakukan proses pergantian anggota Fraksi PKB.
“Baru setelah menerima surat dari PKB kami akan proses. Salah satunya dengan mengirim surat ke KPU Tulungagung untuk verifikasi caleg yang akan mengganti almarhum HM Zaenudin,” paparnya.
Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Tulungagung, Ali Masrup, ketika dikonformasi membenarkan jika DPC PKB Tulungagung belum mengajukan surat permohonan PAW ke DPRD Tulungagung. Ia mengatakan belum mengajukan surat permohonan PAW karena masih terkendala dalam proses melengkapi berkas.
“Ada kekurangan di lampiran. Ini yang masih kami usahakan untuk dilengkapi sebelum mengajukan proses PAW ke DPRD,” ujarnya.
Ali Masrup belum bisa memastikan kapan lampiran tersebut akan didapat, sehingga dapat segera melakukan PAW. “Kami masih berusaha untuk melengkapinya,” tuturnya.
Sebelumnya, Ketua DPC PKB Tulungagung, Adib Makarim, optimis proses PAW anggota fraksinya di DPRD Tulungagung akan berjalan cepat. Pekan lalu ia menyebut rencananya surat pengajuan PAW akan dilakukan pada Jumat (10/1).
Seperti diketahui, HM Zaenudin, meninggal dunia pada Selasa (24/12) lalu sekitar pukul 04.00 WIB. Anggota dewan yang sudah lima periode menjabat sebagai wakil rakyat itu menghembuskan nafas terakhirnya di salah satu rumah sakit di Malang.
Rencananya, posisi HM Zaenudin di DPRD Tulungagung bakal diganti oleh Yuli Nadhifah Triswati yang merupakan istri dari Chusainuddin, anggota DPRD Jatim dari Fraksi PKB. Ia berdasar data rekapitulasi suara di KPU Tulungagung memperoleh suara terbanyak kedua dibawah HM Zaenudin. Perolehan suara Yuli Nadhifah Triswati sebanyak 1.102 suara, sedang HM Zaenudin memperoleh suara sebanyak 6.248 suara. (wed)

Tags: