DPT Pilpres Kota Madiun Berkurang 913

10-Komisioner-KPU-Kota-Madiun,-Kokok-Heru-PurwokoKota Madiun, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun, telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Presiden (Pilpres) 2014. Tercatat jumlah DPT yang sudah ditetapkan sebanyak 144.407 pemilih atau berkurang sebanyak 913 pemilih.
Menurut, Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko, mengatakan, jumlah DPT tersebut berkurang sebanyak 913 pemilih dari Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sebanyak 145.320 pemilih. Namun meski jumlahnya menurun, pada hari H pencoblosan 9 Juli 2014 nanti, tidak menutup kemungkinkan ada tambahan atau bahkan makin berkurang.
“Bagi warga Kota Madiun yang belum terdaftar dalam DPT dapat menyalurkan hak swaranya menggunakan KTP. Dengan catatan, selama di TPS itu masih ada surat suaranya. Kalau di Pileg kemarin itu istilahnya Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb),”kata Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko, Senin (9/6).
Sementara itu, Komisioner KPU Kota Madiun, Kokok Heru Purwoko, menambahkan, penurunan 913 pemilih yang terdaftar di DPT, karena sekitar 400 pemilih merupakan data ganda. Sedangkan lainnya, sudah meninggal dunia dan pindah domisili.
Masih adanya data ganda K1 di DPT Pilpres, karena data tersebut merupakan data yang muncul pada pileg, 9 April lalu. “Itu pengurangannya karena ada yang meninggal, terus ada yang pindah dan ada yang ganda K1. Kalau mayoritas ya data ganda itu. Karena jumlahnya hampir 400 pemilih,”ungkap Kokok.
Dari 144.407 pemilih yang terdaftar di DPT Pilpres Kota Madiun, rinciannya di Kecamatan Kartoharjo 40.751 pemilih, Kecamatan Manguharjo 43.515 serta Kecamatan Taman 60.141 pemilih.
Sementara itu, dengan kerkurangnya jumlah DPT Pilpres di Kota Madiun, juga diikuti menurunnya jumlah TPS. Pasalnya, dari 525 TPS pada Pileg, turun menjadi 308 TPS. Ini sudah termasuk dua TPS di Lapas kelas 1 Madiun. “Kalau Pileg kemarin kan ada tiga TPS di Lapas. Tapi pada Pilpres nanti, hanya ada dua TPS. Soalnya jumlah pemilih di dalam Lapas juga turun,”jelas Kokok. [dar]

Rate this article!
Tags: