Dr Akmal Budianto Jadi Pj Bupati Gresik

Pj Bupati Gresik, Akmal Budianto bersama mantan Bupati-Wabup Gresik Sambari Halim Radianto-Moh Qosim usai sertijab didampingi istri. [kerin ikanto/bhirawa]

Pj Bupati Gresik, Akmal Budianto bersama mantan Bupati-Wabup Gresik Sambari Halim Radianto-Moh Qosim usai sertijab didampingi istri. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik,Bhirawa
Akmal Budianto resmi menjadi Penjabat (Pj) Bupati Gresik mengantikan Sambari Halim Radianto yang masa jabatannya berakhir pada 27 September 2015. Kepala Badan Diklat Pemprov Jatim itu bahkan ditugasi mantan Bupati Sambari untuk melanjutkan sejumlah pembangunan yang belum tuntas dikerjakan.
Usai Serah Terima Jabatan (Sertijab) di Ruang Mandala Bhakti Praja Kantor Pemkab, Senin (28/9), Akmal didampingi istrihya Nani juga berjanji akan melihat semua hasil pembangunan yang dilaksanakan Sambari. ”Dan kami berjanji akan menjaga serta mempertahankan yang sudah baik,” kata Akmal Budianto.
Sebelumnya, mantan Bupati Sambari dan Wakil Bupati Moh Qosim yang kini kembali mencalonkan sebagai Cabup-Cawabu Gresik ini menyampaikan sejumlah  hasil pembangunan selama lima tahun kepemimpinannya. Sejumlah program sudah dijalankan, termasuk pembangunan proyek yang bersifat mercusuar dan monumental. Diantaranya, Stadion Gelora Joko Samudra, Lapter Bawean, Wahana Ekspresi Pusponegoro, Bendung Gerak Sembayat dan pembangunan lainnya.
Pada kesempatan itu, Sambari-Qosim yang didampingi isterinya masing-masing menyatakan, banyak terima kasih atas kerjasama dilakukan selama ini. Pernyataan ini disampaikan kepada sekitar 500  undangan yang terdiri dari anggota Forpimda, pejabat, camat, tokoh masyarakat dan ulama. Bahkan, sejumlah kepala dan perangkat desa tampak hadir .
Sambari-Qosim juga mengingatkan kepada Akmal untuk terus menjaga hasil pembangunan yang sudah dikerjakan dan meneruskan yang belum selesai. ”Beberapa belum selesai mengingat anggaran yang baru berakhir pada akhir Desember 2015. Untuk itu kami minta tolong kepada Pak Akmal  untuk menyelesaikan beberapa pembangunan yang belum selesai,” ungkap serius.
Sementara, Mohammad Qosim juga berpesan agar Penjabat Bupati berkoordinasi dengan seluruh Forpimda untuk menyukseskan pelaksanaan Pilbup yang diselenggarakan pada 9 Desember 2015. ”Kami berharap PNS tetap menjaga netralitasnya, agar Pilbup berjalan sesuai tatanan demokrasi,” kata Qosim.
Sementara Sekda Gresik, Mohammad Nadjib mewakili pejabat dan PNS Gresik menyampaikan terima kasih kepada Sambari-Qosim atas kerjasama selama lima tahun.  Nadjib juga menyampaikan selamat datang  kepada Akmal Budianto sebagai Pj Bupati Gresik yang telah dilantik Gubernur Jatim, Soekarwo di Gedung Grahadi pada Senin pagi (29/9). ”Kami semua siap bekerjasama dan saling mendukung,” ucap Nadjib kepada Pj Bupati yang baru. [eri]

Tags: