Dua Belas Desa Maju di Situbondo Diproyeksikan Menjadi Desa Mandiri

Salah satu Kades di Kabupaten Situbondo menandatangani kerjasama peningkatan jaringan internet dengan jajaran pelaku dunia pendidikan. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Memasuki akhir Maret 2021 ini, sedikitnya tercatat ada 12 Desa yang masuk katagori Desa Maju di Kabupaten Situbondo. Belasan Desa Maju itu, selanjutnya akan diproyeksikan Pemkab Situbondo menjadi Desa Mandiri.

Upaya ini terus dilakukan Pemkab Situbondo bersama jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, karena selangkah lagi akan menjadi Desa Mandiri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo Lutfi Joko Prihatin membenarkan, jika Pemkab Situbondo memproyeksikan sebanyak 12 desa katagori Desa maju menjadi Desa mandiri.

Saat ini, kupas mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Situbondo itu, dari 12 desa tersebut kini masih berstatus Desa maju.

“Ya kami hanya tinggal selangkah lagi untuk menjadi kan 12 Desa Maju menjadi Desa Mandiri,” jelas Lutfi Joko Prihatin.

Masih kata Lutfi Joko Prihatin, ada beberapa kriteria Desa maju agar bisa menjadi Desa mandiri. Diantaranya, sebut mantan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Situbondo itu, harus dilihat dari sisi IDM (Indeks Desa Membangun) yang meliputi tiga pilar utama utama yaitu indeks sosial, ekonomi serta lingkungan.

“Saat ini memang ada 12 desa yang sudah kami ploating menuju Desa mandiri. Sedangkan 120 desa lainnya, masih berstatus sebagai Desa berkembang,” ujar Lutfi JP.

Menurut Lutfi JP, saat ini pihaknya terus mendorong IDM 12 Desa maju menjadi Desa mandiri serta mendorong 120 Desa berkembang menjadi Desa maju. Agar cepat terealisasi, ulas mantan Kabag Hukum Pemkab Situbondo itu, perlu mengoptimalkan penggunaan Dana Desa (DD) sehingga cepat menaikkan status Desa berkembang menjadi Desa mandiri.

“Skor IDM yang harus dimiliki Desa maju yakni 0,81. Sedangkan untuk Desa mandiri 0,81 ke atas,” beber Lutfi JP.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, dari 12 Desa maju yang diploating menjadi Desa mandiri diantaranya Desa Langkap dan Desa Besuki, Kecamatan Besuki. Lalu ada Desa Sumberkolak dan Desa Alasmalang Kecamatan Panarukan serta Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih. Selanjutnya ada Desa Tenggir dan Desa Curah Jeru Kecamatan Panji serta Desa Kalibagor dan Desa Kotakan Kecamatan Situbondo. Terakhir ada Desa Kesambirampak Kecamatan Kapongan, Desa Mangaran Kecamatan Mangaran dan Desa Trigonco Kecamatan Asembagus. [awi]

Tags: