Dua Duta Dai Cilik SDM Limas Surabaya Meraih Juara Tingkat Kota Surabaya

Ananda Audy Axelia (kiri) dan Ananda Aryasatya Pradipta Deandra (kanan) siswa SD Muhammadiyah 15, pemenang lomba Dai Cilik Tingkat Kota Surabaya saat bersama pembina Da’i cilik Ana Syikriya SHum, kemarin.

Surabaya, Bhirawa
Dua siswa duta SD Muhammadiyah 15 (SDM Limas) Surabaya Ananda Audy Axelia Tabriz, siswi kelas III M Hatta dan Ananda Aryasatya Pradipta Deandra Siswa kelas II Jasmine berhasil meraih juara, dalam lomba Dai Cilik (Dacil) tingkat Kota Surabaya yang digelar Pimpinan Daerah IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) Surabaya, pada Sabtu (1/5) lalu.
Audy-sapaan akrab Audy Axelia Tabrizz meraih juara III lomba kelompok putri Dai Cilik. Sedangkan Dipta sapaan akrab Aryasatya Pradipta Deandra berhasil meraih juara harapan I kelompok putra tingkat Kota Surabaya.
Lomba Dai Cilik diikuti guna mengisi kegiatan selama Bulan Suci Ramadan SDM Limas Surabaya. Kedua siswa sebelumnya telah dibina dan didik oleh Ustadz Bagus Waskito Utomo SPd dan Ustadzah Ana Syikriya SHum selaku Guru Al Islam di sekolah dengan tetap menjaga Protokol Kesehatan masa pandemi Covid 19 yang masih berlangsung.
Audy dan Dipta aktif berlatih membaca sambil menghafalkan teks yang dibuatkan ustadz dan ustadzah pembina sebelum lomba dilaksanakan, bahkan gerakan dan mimik wajah disesuaikan dengan topik Materi yang akan ditampilkan saat lomba.
“Ayo Mbak Audy dan Mas Dipta Tetap semangat ya meskipun kita sedang berpuasa,” tutur Ustadzah Ana, panggilan akrabnya, sambil memberikan contoh berpidato yang bagus dan gaya yang harus digerakkan.
Kedua siswa berlatih selama hampir dua pekan di sekolah, dengan ketekunan dan kedisiplinannya akhirnya saat tampil di perlombaan yang sesungguhnya Audy dan Dipta bisa tampil penuh percaya diri serta berhasil menyelesaikan sesuai waktu yang ditentukan panitia.
“Saat dipanggil nama Audy Axelia Tabrizz oleh pembawa acara lomba, hatinya deg degan dan gemetar ustadz. Tapi Alhamdulillah saat dipanggung, saya bisa tampil penuh percaya diri meskipun agak grogi dihadapan dewan juri,” celoteh Audy saat dijumpai di sekolah selesai lomba.
Hal yang sama juga dialami Dipta, Alhamdulillah bisa tampil penuh percaya diri saat lomba, meski di kelompok putra persaingan sangat ketat sekali. Namun Dipta yang pertama kali tampil mengikuti lomba Dai Cilik ini berhasil meraih juara.
Lomba Dai Cilik tingkat Kota Surabaya yang diselenggarakan Pimpinan Daerah IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) digelar di Aula PDM Kota Surabaya ini, diikuti seluruh SD Muhammadiyah se Kota Surabaya, dan masing – masing sekolah mengirimka dua orang siswa atau siswinya.
Saat pengumuman pemenang lomba, duta dari SDM Limas Surabaya mendengarkan dengan seksama bersama ustadz dan ustadzah pembina. Dimulai dari dibacakan berita acara pemenang lomba, kemudian disebutkan mulai dari juara harapan III, II, I, juara III, II dan I. Seluruh peserta ikut deg degan dan cemas.
“Bisa meraih juara atau tidak ya?,” kata Audy sambil tersenyum wajah imutnya, demikian juga dengan Dipta yang ikut duduk disamping ustadzah.
Saat disebutkan nama Aryasatya Pradipta Deandra sebagai juara harapan I kelompok putra. Dengan mengucap syukur Alhamdulillah dan mengatakan kepada ustadzahnya bisa meraih juara. ”Saya mendapatkan juara, Alhamdulillah ya Allah, saya menjadi juara, ini pengalaman pertama saya, nanti saya akan meningkatkan latihan lagi agar bisa meraih juara I,” sahut Dipta sambil tersenyum bangga meski meraih juara harapan.
Sedangkan saat pengumuman juara kelompok putri, Audy pun berharap cemas, bisa meraih juara atau tidak seperti temanku Dipta tadi. ”Semoga mendapatkan juara ya Allah,” sambung Audy sambil tetap terus mendengarkan pengumuman juara.
Akhirnya pembawa acara pun menyebutkan nama Audy Axelia Tabrizz sebagai juara III lomba Dai Cilik tingkat Kota Surabaya. ”Alhamdulillah ya Allah, saya bisa mempersembahkan juara untuk kedua orang tua kami, untuk ustadz dan ustadzah sekolah kami tercinta yang telah dengan sabar membimbing kami,” ungkap Audy sambil memegang piala yang disampaikan panitia.
Saat dijemput orang tuanya di sekolah, Audy masih mengucapkan terima kasih banyak ustadz dan ustadzah atas perhatian dan bimbingannya selama ini.
Sementara itu, Mama Audy juga turut bangga putrinya bisa meraih juara pada lomba Dai Cilik Tingkat Kota Surabaya, dan berharap semoga kedepannya anak – anak siswa SDM Limas Surabaya bisa meningkatkan dan mempertahankan menjadi juara.
“Semoga kedepannya anak – anak tetap semangat berlatih menjadi Dai Cilik. Dan pada lomba – lomba yang akan diikuti kedepanya para siswa SDM Limas Surabaya bisa meraih juara I. Aamiin, Aamiin Yaa Robbal Alamin,” kata Mama Audy saat menjemput di sekolah. [fen]

Tags: