Dua Jam Hujan Deras, Empat Rumah Kecamatan Bendungan Tertimpa Longsor

Trenggalek, Bhirawa
Hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek minggu (16/2/2020) sore lalu, mengakibatkan 4 rumah tertimpa longsor .
Kejadian bencana alam terjadi di RT 19 Dusun kalitelu Desa Dompyong ,RT 29 Dusun Kacangan Desa Semurup, RT 21 Dusun pule Desa Semurup, dan RT 24 Dusun Ngrejo Desa Semurup.
Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek Djoko Rusianto Melalui Sekertaris BPBD Tri Puspitasari mengungkapkan bahwa dalam kejadian itu Beruntung tidak ada korban jiwa, karena penghuni rumah sedang tidak ada di tempat sebelum kejadian. Dilaporkan, kondisi hujan deras berlangsung sekitar 2 jam.
“Benar, saya menerima laporan ada kejadian hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi sekitar pukul 14.00 – 16.00 Wib di Kecamatan Bendungan. Kami bersama jajaran lain langsung turun ke lokasi,” ujarnya.
Begitu menerima laporan itu, tambahnya, langsung ditindak dan bekerja sama dengan unsur lain dilapangan melakukan evakuasi hingga membantu korban
“Sejumlah pihak lain turun seperti TRC BPBD, relawan BPBD dan tiga pilar desa dan masyarakat dan lainnya. Begitu hujan reda, mereka gotong royong membersihkan puing-puing rumah warga,”
Sementara itu Camat Bendungan Muh Kholik mengungkapkan terdapat empat rumah yang tertimpa longsor. Tiga di Desa Semurup, dan yang satu di Desa Dompyong.
“Tempatnya misah- misah, di Desa Dompyong pagi, tiga lainnya sore, kebanyakan rumah memang berada berdempetan dengan tebing. jaraknya ada yang cuma 1 meter,” ungkapnya.
Ditambahkannya kebanyakan rumah paling parah rusak di bagian dapur dan sebagian inti bangunan rumah.
“Dihimbau kepada warga yang rumahnya dekat tebing untuk waspada di musim seperti ini. mengingat wilayah geografis bendungan ada di wilayah pegunungan, selain bencana tanah longsor juga rawan pohon tumbang,”imbuhnya.(wek).

Tags: