Dua Paslon Pilbup Sumenep Menang di TPS Sendiri

Sumenep, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Meski mayoritas daerah diguyur hujan, antusias masyarakat untuk hadir ke TPS guna menyalurkan aspirasinya terhitung tinggi.

Hasil pantauan di dua TPS yakni TPS Cabup nomor urut 1 dan 2, dua paslon tersebut menang. Di TPS 03 Desa Torbang, Kecamatan Batuan, Paslon nomor urut 01, Ach. Fauzi mendapatkan dukungan suara sebanyak 203 suara dan nomor urut 2, Fattah Jasin sebanyak 53 suara. Dari 285 DPT, sebanyak 257 pemilih hadir dan 28 tidak hadir. Sedangkan di TPS 02 Kelurahan Kepanjin, Kecamatan Kota yang merupakan TPS Fattah Jasin (02) menggunakan hak pilihnya, nomor urut 01 memperoleh dukungan sebanyak 94 suara dan nomor urut 02 sebanyak 159 suara dari 257 DPT, sedangkan 4 pemilih tidak hadir.

Cabup nomor urut 01, Ach. Fauzi mengatakan, pihaknya bersama timnya optimis memenangkan Pilbup serentak 2020 ini dengan perolehan suara di atas 70 persen, baik itu di wilayah daratan maupun di kepulauan. Sebab, semua mesin, baik parpol pengusung maupun relawan sama-sama jalan dengan maksimal. “Kami optimis menang. Minimal 70 persen. Semua mesin pemenangan kami berjalan,” kata Fauzi, Rabu (09/12).

Sedangkan Paslon nomor urut 02, Fattah Jasin juga optimis menang minimal 60 hingga 62 persen. Prediksi tersebut dinilai sangat beralasan karena semua tim bergerak untuk mendapatkan simpati dari masyarakat. Selain tim pemenangan, ada tim independen yang melakukan survey di masyarakat. “Trennya terus naik dan kami yakin kemenangan kami di atas 60 persen. Kita tunggu saja sampai pelaksanaannya selesai,” kata Fattah Jasin, usai menggunakan hak pilihnya.

Fattah Jasin menggunakan hak pilihnya di atas jam 12.00 WIB, sebab lelaki yang biasa dipanggil Gus Acing dan istrinya Siti Rochani tidak terdaftar di DPT. Ia menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan KTP elektronik di TPS. Sesuai aturan, semua warga yang telah tercatat sebagai warga di daerah yang sedang menggelar Pilkada, dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan KPT elektronik. “Kami tidak terdaftar di DPT, namun tercatat sebagai warga Sumenep, makanya kami menggunakan hak pilih di atas jam 12.00 WIB,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil mengatakan, pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati berjalan lancar dan aman tanpa kendala berarti. Hanya saja, hujan yang terjadi sejak pagi sedikit mengganggu warga untuk datang ke TPS, namun rupanya pemilih tetap hadir meski harus menggunakan payung. “Sesuai pantauan kami di lapangan, masyarakat sangat antusias hadir ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya, meski hujan seharian,” kata Rafiqi Tanzil. [sul]

Tags: