Dua Ponpes Tangguh di Lamongan Siap New Normal

Bupari Fadeli bersama jajaran Forpimda saat memastikan kesiapan Ponpes Tangguh. [alimun hakim]

Lamongan, Bhirawa
Langkah cepat Gugus Tugas Percepatan dan Penangan Covid 19 Lamongan terus dimaksimalkan. Salah satunya dengan melakukan koordinasi dan angisipasi sejak dini di dua Pondok Pesantren yang ada di Daerah Pantura, Kecamatan Paciran, Lamongan.
Dua Pondok Pesantren (Ponpes) yakni Ponpes Karangasem dan Ponpes Al-Islah Paciran dijadikan percontohan Ponpes Tangguh Tanggap Covid 19 dan diresmikan Bupati Fadeli dan jajaran Forpimda lainya. Bersama anggota Forkopimda dan Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid 19 (GTPPC). Lamongan Fadeli memastikan, dua Ponpes yang dijadikan Ponpes Tangguh itu juga sudah siap untuk melanjutkan proses belajar mengajar.
“Kami berharap Ponpes Tangguh di wilayah Paciran ini menjadi percontohan Ponpes Tangguh yang ada di Lamongan. Pada prinsipnya puluhan Ponpes di Lamongan siap menyelenggarakan proses belajar kembali saat pemberlakuan normal baru di masa pandemi Covid 19,” terangnya.
Fadeli meyakini kalau santri Ponpes lebih mudah menjalankan protokol kesehatan selama proses belajar berlangsung. Tiap Ponpes juga telah menyiapkan tempat karantina untuk para santri yang baru datang, termasuk mempersiapkan semua kebutuhan untuk protokoler kesehatan dan kedatangan para santri, juga bisa dijadwalkan secara bergelombang sehingga menghindari penumpukan saat tiba di pondok.
“Santri datang ke Ponpes harus dalam kondisi sehat. Sementara Ponpes juga memiliki alat ukur suhu, sehingga kedatangan santri terpantau suhu badannya,” katanya.
Pengasuh Ponpes Karangasem, KH Hakam Mubarok, mengakui jika seluruh jajaranya siap dengan proses pembelajaran di Ponpes yang dipimpinnya. ”Prinsipnya kami sudah siap. Dan segalanya telah dipersiapkan menyambut kedatangan para santri,” katanya.
Kesiapan dua Pondok Pesantren tersebut dalam diapresiasi aparat TNI dan Polri. Kapolres Lamongan, AKBP Harun menyatakan, terimakasih kepada pihak Ponpes Al Islah atas partsipasinya karena sudah melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan baik. ”Disipilin dengan protokol kesehatan adalah salah satu bentuk pencegahan yang efektif,” tegas Kapolres.
Disisi lain, Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono, berharap Ponpes lainya mencontoh standart pencegahan Covid 19 di Al Ishlah dan Karangasem dalam rangka upaya pencegahan dan menuju persiapan New Normal.
Dandim Sidik menuturkan, pentingnya melakukan screening kepada masyarakat yang akan masuk ke Ponpes dan tak lupa agar sering banyak berjemur untuk mencegah Covid-19. Selain memastikan protokol pencegahan di Ponpes, Bupati bersama Dandim, Kapolres dan Sekretaris Daerah Lamongan telah menyalurkan Sembako dan masker dengan didampingi Kapolres dan Dandim dan berlanjut pada pengecekan Klinik kesehatan Al Islah.
Tak hanya itu, tiga kampung tangguh di Brondong, Paciran, serta Maduran menyusul puluhan Kampung Tangguh yang terbentuk sebelumnya. Ponpes Tangguh dan Kampung Tangguh ini bagian upaya mencegah penyebaran Covid 19 menghadapi new normal atau tata kehidupan baru di masa pandemi COVID-19 ini. [aha]

Tags: