Dua Tahun Tak Naik, Gaji THL Pemkab Gresik Naik Rp500/Bulan

Kepala BKD Pemkab Gresik, Nadlif. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik,Bhirawa
Rutusan Tenaga Harian Lepas (THL)   atau kontrak dijajaran  Pemkab Gresik merasa senang. Ini karena terhitung mulai  per Januari 2020,  gaji  mereka naik Rp. 500 ribu/bulan.
Untuk lulusan   sarjana (S1) sebelumnya Rp. 1.800 ribu sekarang naik menjadi Rp. 2.300 ribu. Sementara,  untuk SMA sebelumnya Rp. 1.600 kini menjadi  Rp. 2.100 ribu. Ada kenaikan sebesar Rp. 500 ribu perbulan, baik itu   S1 maupun SMA. “Alhamdulillah gaji naik. Bisa buat tambahan kebutuhan tiap hari,” tutur Musdalifa, salah satu THL di Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Senin (20/1).
Kenaikan  gaji itu terhitung mulai Januari 2020. Gaji itu akan diterima pada akhir bulan nanti. “Kalau tidak diakhir bulan Januari,  ya paling lambat awal Februari gaji itu diterima. Pegawai itu kerja dulu baru dibayar,” tambah Musdalifa yang suaminya juga sebagai  THL pada Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Gresik ini.
Tidak hanya Musdalifa. Rasa bahagia juga dirasakan Antok, THL pada Dinas Pekerjaan Umum (PU). Setelah melakukan tandangan perpanjangan kontrak bersama istrinya yang juga sama – sama menjadi THL  merasa lega betul. Ketika membaca perjanjian kontrak sebelum ditandatangaji kaget. Sebab, dalam klausul kontrak itu tertulis  ada kenaikan gaji yang bakal diterima. “Gajian pertama nanti yang 1.800 ribu tak kasihkan istriku,  sisanya saya buat ngopi bersama teman. Lego rasane,” tuturnya dengan ekspresi wajah cukup bahagia.
Diceritakan, sejak masuk menjadi THL gaji yang diterima hanya Rp. 500 ribu/bulan. Kalau tidak salah itu terjadi sejak 2011 lalu ketika Gresik masih dibawah kepemimpinan Bupati Robocah Ma’shum. Saat itu gaji itu katanya, masih cukup kecil jika dibandingkan dengan gaji yang diterima THL Pemkab daerah lain. Meski tiap tahu naik, namun  kenaikan itu  masih cukup kecil. Paling antara Rp.200 ribu sampai Rp. 300 ribu. Baru kali ini naik Rp. 500 ribu.”Malah dua tahun  kemarin tidak naik,” jelasnya.
Dengan kenaikan gaji sekarang, para THL merasa bersyukur. Sebab, kenaikan gaji itu paling tidak bisa buat menambah kebutuhan hidup sehari – hari. Lebih bahagia lagi jika kedepan nasib mereka bisa diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil bagi yang usianya masih memenuhi persyaratan.
Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah( BKD) Pemkab Gresik, Nadlif, belum bisa dikonfirmasi terkait kenaikan gaji THL dijajaran Pemkab Gresik karena yang bersangkutan ada urusan kedinasan di Surabaya. [eri]

Tags: