Dukung Indonesia Jadi Pusat E-Commerce Asia

Surabaya, Bhirawa
Sejalan dengan tema IESE 2017 “Empowering the Digital Energy of Asia”, Blibli.com yakin Indonesia akan menjadi pemain penting serta pasar potensial e-commerce di Asia dan siap mendukung penuh supaya hal ini dapat segera tercapai.
Pernyataan ini sangatlah mendasar jika melihat pada jumlah penduduk Indonesia yang adalah terbesar di Asia, serta melihat data pengguna internet di Indonesia yang merupakan terbesar ke-4 di Asia.
“Potensi pengguna internet yang melebihi 50% total populasi bangsa Indonesia, penetrasi smartphone, dan rata-rata spending on e-commerce Rp6,5 juta per tahun membuat Indonesia berpotensi untuk menguasai 52% atau setara 87,8 miliar dolar AS pasar e-commerce Asia Tenggara pada 2025 seperti diprediksi riset gabungan Google dan Temasek,” ungkap Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com, Kusumo Martanto, Kamis (11/5) kemarin.
Kusumo menambahkan, dalam memajukan e-commerce di Indonesia sehingga mampu bersaing di pasar Asia, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan seperti menjanjikan kenyamanan dalam bertransaksi, keamanan serta behaviour masyarakat Indonesia yang masih nyaman dengan sistem tradisional.
“Masyarakat kita masih melihat pentingnya melihat fisik produk dan bertemu serta mendengar langsung penjelasan dari penjual. Selain itu edukasi mengenai kelebihan serta cara-cara transaksi melalui e-commerce juga masih perlu dilakukan terutama di luar kota-kota besar,” terangnya saat memberikan presentasi di event IESE 2017 dengan topik “How to Empower Retailers to Move to E-Commerce”.
Sedangkan menjawab tantangan ini, Blibli.com telah menghadirkan layanan offline to online (O2O) – BlibliNOW bekerjasama dengan para merchant partner. “Bagimerchant yang konsumennya kebanyakan masih nyaman dengan cara belanja offline, kami bantu menyediakan Kiosk BlibliNOW di offline store paramerchant,” ujarnya. [riq]

Tags: