Dukung Jokowi-JK, Aktivis PKB Galang Dana Rp 1.000-an

10-kampungJakarta, Bhirawa
Dukungan untuk capres cawapres Jokowi-JK terus mengalir, salah satunya dari kaum muda. Kali ini adalah relawan yang diinisiasi oleh Garda Bangsa PKB bernama ‘Jokowi-JK Bangkit untuk Perubahan (JJ Bangkit)’.
“Hari ini kita sebagai relawan Jokowi-JK ingin mengajak masyarakat Indonesia berpolitik yang benar. Kita bergerak mendukung Jokowi tanpa dibayar. Bila perlu kita mengocek kantong kita untuk mendukung pemimpin yang jujur dan bebas korupsi tanpa punya hutang,” ujar Koordinator JJ Bangkit, Malik Haramain, Minggu (25/5) kemarin.
Hal ini diungkapkannya dalam aksi menggalang solidaritas bersama melalui ‘Gerakan 1.000 Rupiah Jokowi-JK untuk Perubahan Indonesia’ di Jl Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat. Kelompok ini terdiri dari komponen kaum muda di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk menggalakkan semangat gotong royong membantu pemenangan pasangan Jokowi-JK dalam kontestasi Pilpres 2014 mendatang. Dengan membawa kardus mereka berjalan menggalang dana Rp 1.000 dengan turun ke jalan raya sekitar PKB. Tampak sejumlah mobil dan pejalan kaki menyumbangkan dana. Tak hanya itu, terdapat band yang juga mengiringi penggalangan dana relawan di sekitar jalan.
“1.000 rupiah saja untuk Jokowi calon presiden RI. Ini agar partisipasi publik semuanya dikerahkan mendukung Jokowi. Kita juga ingin mengatakan politik masa kini itu liberal di bawah. Oleh karena itu kita mengajak masyarakat untuk lebih berpartisipasi. Kita ingin menggalang dukungan masyarakat,” lanjutnya.
Terpisah, warga Kampung Deret Petogogan Kebayoran Baru Jakarta Selatan mendukung calon presiden (capres) Joko Widodo atau Jokowi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014.
“Jokowi wajib kita dukung, soal menang atau tidak itu bagaimana takdir Tuhan,” kata salah satu tokoh masyarakat RT 12/05 Kampung Deret Maska (73) di Jakarta, Minggu (25/5) kemarin.
Maska mengatakan Jokowi memiliki andil merubah kawasan Kampung Deret yang kumuh menjadi pemukiman yang tertata rapih dan bersih.
Ia menyatakan warga Kampung Deret dapat merasakan suasana baru di tengah pemukiman warga dengan menempati rumah layak huni.
Maska menuturkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjalankan program Kampung Deret dengan merubah pemukiman kumuh menjadi rumah yang nyaman untuk dihuni.
Jumlah rumah di kawasan Kampung Deret di Petogogan mencapai 134 unit, terdiri dari empat rukun tetangga (RT) yang berlokasi di belakang Kantor Wali Kota Jakarta Selatan.
“Rumah Kampung Deret Petogogan akan dijadikan proyek percontohan,” ujar Maska.
Rencananya, Jokowi juga membangun sekitar 74 titik kampung deret guna merubah pemukiman kumuh warga di seluruh DKI Jakarta.
Maska berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempermudah warga kampung deret mengurus dokumen surat rumah.
Sementara itu, warga RT 11/05 Kampung Deret Petogogan Oman menambahkan warga menyambut baik program kampung deret dan pemberian Hak Guna Bangunan (HGB) bagi masyarakat di lokasi itu. “Bersyukur sekarang hidup lebih tenang karena mendapatkan HGB,” ujar Oman. [det. ant]

Keterangan Foto : Relawan yang bernama¬† Jokowi-JK Bangkit untuk Perubahan (JJ Bangkit) menggalang solidaritas melalui ‘Gerakan 1.000 Rupiah di Jl Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat.

Tags: