Dukung Pelaku UKM dengan Layanan SME Goes Mobile

Desy Sari Dewi

Desy Sari Dewi

Surabaya, Bhirawa
Untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan bagi kalangan pelaku usaha kecil menengah di Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL) telah menyediakan layanan yang bisa dimanfaatkan di setiap peluang yang ditawarkan melalui keberadaan layanan internet dan teknologi digital.
Adapun layanan yang ditawarkan untuk pelaku bisnis UKM ini adalah SME Goes Mobile (Small Medium Enterprise) di mana mereka bisa memanfaatkan layanan promosi yang terintegrasi secara mudah, efektif, dan efisien dalam hal tarif.
“Layanan ini sudah dirintis sejak 2013 dan terus kami tingkatkan nilai manfaatnya dengan menambah sejumlah fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan kalangan pelaku usaha kecil menengah di Indonesia,” ungkap Vice President XL East Region Desy Sari Dewi di ruang kerjanya, Selasa (26/5) kemarin.
Sementara XL membidik pelaku UKM yang memiliki usaha menjual produk atau jasanya baik industri rumahan maupun industri skala kecil menengah, pertimbangannya adalah 57 juta lebih UKM di Indonesia telah memberikan kontribusi PDB (Produk Domestik Bruto) kepada negara lebih dari 57 persen, berdasarkan data 2013.
“Hanya sedikit dari UKM tersebut yang memiliki akses atas ruang iklan digital yang efektif, efisien, terjangkau dan tepat sasaran. Bahkan saat ini jumlah pelanggan UKM yang telah memanfaatkan layanan SME Goes Mobile ada sebanyak tidak kurang dari 600 pelanggan UKM. Untuk itu XL berharap hingga akhir tahun 2015 ini akan ada 2500 pelaku UKM yang akan bisa memanfaatkan layanan ini,” harap Desy
Sedangkan seiring dengan meningkatnya kebutuhan promosi yang terjangkau dan mudah serta tidak tepat sasaran dari kalangan UKM, karena media promosi yang ada pada waktu itu didominasi oleh media tradisional dan online dengan biaya yang relatif mahal dan jauh dari jangkauan UKM.
Sementara melalui layanan SME Goes Mobile ini diharapkan para pelaku UKM mendapatkan akses ke ruang dan media berpromosi melalui kanal digital yang terintegrasi, terjangkau serta tepat sasaran.
“Saat ini XL terus meningkatkan manfaat layanan tersebut, di antaranya dengan menambah layanan baru untuk beriklan, yaitu melalui kanal digital banner dan website (situs) berbasis komputasi awan, serta akses ke layanan mobile commerce,” ujarnya.
Dengan begitu, UKM dengan program baru SME Goes Mobile ini bisa membuat situs atau website usaha mereka sendiri dengan mudah, dengan biaya yang terjangkau serta mendapatkan akses di e-commerce sebagai penjual di Elevenia. [riq]

Tags: