Dukung Pencairan Insentif Guru Ngaji, Dispendikbud Gelar Verval

Kadispendikbud Kabupaten Situbondo, Achmad Djunaidi (tengah) bersama jajaran pejabat setempat. [sawawi]

Situbondo, Bhirawa
Jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Situbondo mengadakan pendataan Verifikasi dan Validasi (Verval) bagi guru mengaji dan guru minggu, Kamis (25/3).
Menurut Kepala Dispendikbud Kabupaten Situbondo, Drs H Achamd Djunaidi MM, guru mengaji dan guru minggu di Kabupaten Situbondo dalam waktu dekat akan menerima dana insentif pada triwulan pertama. Pencairan sesuai harapan Bupati Karna Suswandi dan Wabup Hj Khoirani saat penyampaian program pendidikan.
“Untuk pencairan dana insentif guru mengaji dan guru minggu sudah harus cair pada Bulan Ramadan 2021 ini,” jelas Djunaidi.
Djunaidi menjelaskan, terkait tehnis pelaksanaan harus melalui tahap pendataan verval jumlah guru mengaji yang sudah ada di tangan petugas Desa, Kecamatan dan Kabupaten dengan menggunakan sistem online. Nantinya para petugas data desa akan menginput dan melakukan evaluasi seperti yang sudah disosialisasikan.
“Salah satu contoh yang akan diverval adalah di musholla tertentu, apakah masih ada guru mengaji dan santrinya? Jika ada guru mengaji tetapi tidak ada santrinya maka data yang bersangkutan akan dihapus,” ujar Djunaidi.
Mantan Kabag Perlengkapan Pemkab Situbondo ini menuturkan, dalam ketentuannya diatur jumlah santri minimal berjumlah lima orang. Sedangkan untuk jumlah sasaran penerima insentif guru mengaji pada tahun 2021 dibandingkan tahun sebelumnya jumlahnya masih tetap. Jika ada tambahan dan tidak akan pertambahan yang signifikan, akan dianggaarkan pada P APBD 2021.
“Nantinya para guru mengaji dan guru minggu akan mendapatkan insentif sebesar Rp1,5 juta per tahun yang akan di transfer melalui rekening milik masing – masing guru mengaji dan guru minggu. Kemudia dana insentif akan ditransfer sekaligus yang bersangkutan mendapatkan kartu guru mengaji. ”Saat menerima dana insentif, semua guru mengaji dan guru minggu itu sekaligus menerima kartu ATM,” jelas mantan Camat Kota Situbondo itu.
Pemberian insentif kepada guru mengaji dan guru minggu merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah daerah, atas pengabdian dan jasanya yang ikut mencerdaskan anak bangsa melalui proses belajar mengaji. ”Diharapkan dengan pelaksanaan Verval ini hasilnya berjalan secara transparan dan objektif,” tandas Djunaidi. [awi]

Tags: