Dukung Pendidikan Anak Yatim Piatu di Festival Patungan 2019

Plt Asisten Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Provinsi Jawa Timur, Dr. Himawan Estu Bagijo, S. H., M. H didampingi Head of Public Affairs, Grab Indonesia, Tri Sukma Anreianno (kiri) serta Direktur OVO, Setiawan Adhiputro dan Vice President of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak saat mencoba aplikasi tiga platform digital OVO, Tokopedia dan Grab. [Trie diana/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Untuk membantu pendidikan anak-anak yatim piatu di Indonesia, tiga platform digital yakni OVO, Tokopedia dan Grab menghadirkan ‘Festival Patungan Untuk Berbagi’ di 8 kota di Indonesia diantaranya Makassar, Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja dan Surabaya.
Festival Patungan Untuk Berbagi merupakan bagian dari gerakan sosial berbasis digital terbesar di Indonesia bertajuk ‘Patungan Untuk Berbagi’ yang diumumkan awal bulan lalu, kolaborasi OVO, Grab dan Tokopedia sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia.
Kampanye ini memudahkan semua masyarakat Indonesia untuk berbagi semangat kebahagiaan di bulan Ramadan melalui donasi lewat platform OVO, Grab dan Tokopedia, untuk mendukung keberlangsungan pendidikan anak Yatim Piatu di Tanah Air yang difasilitasi oleh Rumah Yatim sebagai penyalur donasi.
Plt Asisten Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Provinsi Jawa Timur, Dr. Himawan Estu Bagijo, S. H., M. H. mengungkapkan pendidikan berperan penting dalam pembentukan generasi penerus yang cerdas dan kompeten, pendidikan juga diharapkan bisa memutus rantai kesulitan ekonomi.
“Di bulan Ramadan ini, saya ajak masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Timur untuk berbagi semangat kebaikan. Harapan saya, program ini dapat membawa kebahagiaan dan kebaikan bagi masyarakat Jawa Timur dan juga bagi para penerima manfaat,” terangnya, Senin (27/5).
Festival Patungan Untuk Berbagi yang digelar di Surabaya pada 22-26 Mei 2019 di Parkir Timur Plaza Surabaya, menghadirkan berbagai hiburan, pengunjung festival dapat berpartisipasi dalam acara buka puasa bersama lebih dari 500 anak yatim serta menyaksikan penyerahan donasi program ‘Patungan Untuk Berbagi’.
Sejak diluncurkan, program #PatunganUntukBerbagi telah berhasil mengumpulkan lebih dari Rp6 miliar lewat platform digitalnya. Gelombang pertama penyaluran donasi ini disalurkan lewat Rumah Yatim dalam bentuk beasiswa dan perlengkapan sekolah kepada anak-anak yatim piatu dan kurang mampu untuk menjamin pendidikan yang lebih layak dan berkesinambungan.
Head of Public Affairs, Grab Indonesia, Tri Sukma Anreianno mengatakan, Grab berkomitmen untuk senantiasa dapat terus memberikan dampak sosial terhadap sesama di bulan Ramadan ini. “Kami ingin terus menghubungkan kebaikan dan memperluasnya hingga ke wilayah Surabaya. Hal ini membuat kami semakin yakin bahwa program ini dapat menjadi sinergi yang baik untuk terus meningkatkan jiwa berbagi khususnya bagi warga di Surabaya,” ujarnya.
Direktur OVO, Setiawan Adhiputro mengungkapkan kolaborasi Festival Patungan Untuk Berbagi bersama dengan Grab dan Tokopedia dapat semakin memperkaya upayanya dalam terus menghadirkan beragam pengalaman baru untuk berdonasi digital secara mudah, aman, cepat dan efisien bagi masyarakat Surabaya.
“Hingga saat ini OVO sudah diunduh oleh 115 juta device di lebih 300 kota di Indonesia. Ini sebuah potensi yang luar biasa untuk mengajak masyarakat berdonasi dan peduli dengan pendidikan anak-anak yatim,” katanya.
Untuk donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan oleh Rumah Yatim untuk memberikan pendidikan yang lebih layak dan berkesinambungan. “Ketiga perusahaan akan melipatgandakan setiap donasi yang terkumpul, sampai dengan Rp10 miliar, menegaskan pentingnya pendidikan untuk yatim, piatu, dan kurang mampu yang menjadi fokus program ini,” pungkas Setiawan.
Sementara Vice President of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak menjelaskan Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang mempermudah masyarakat dalam menciptakan peluang dan mencapai lebih, berharap kehadiran Patungan Untuk Berbagi sebagai kolaborasi platform digital terbesar ini akan semakin mempermudah masyarakat Indonesia dalam berbagi kebaikan.
Melalui Festival Patungan Berbagi yang juga turut digelar di Surabaya ini, Nuraini berharap dapat mengingatkan lagi dan mendorong semangat berbagi di bulan Ramadan, sekaligus mengajak warga Surabaya dan sekitar untuk dapat memahami, menikmati dan memanfaatkan kemudahan platform digital, tidak hanya untuk transportasi, belanja, transaksi dan keperluan sehari-hari, namun juga untuk berbagi kebaikan.
Di Festival Patungan Untuk Berbagi ratusan merchants dari OVO, Tokopedia, dan GrabFood akan memanjakan pengunjung dengan banyak pilihan aktivitas, termasuk permainan interaktif dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Patungan untuk Berbagi menjadi bentuk komitmen ketiga perusahaan dalam mendorong kemajuan ekonomi digital di Indonesia.
Kolaborasi tiga perusahaan teknologi ini diharapkan dapat menggerakkan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama berkontribusi pada terciptanya perekonomian yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan memutus rantai kemiskinan lewat berdonasi untuk penyelenggaraan pendidikan yang lebih layak dan berkesinambungan bagi jutaan anak yatim di Indonesia. “Kerja sama tiga ekosistem digital terbesar di Indonesia ini diharapkan mampu menggarisbawahi pemanfaatan teknologi untuk kebaikan,” ujar Nuraini. [riq]

Tags: