Dukung Stabilisasi Harga Beras

Hj Jumaati Karna Suswandi

Hj Jumaati Karna Suswandi
Baru-baru ini ratusan masyarakat yang tinggal di Kecamatan Situbondo dan sekitarnya berkumpul di Pendapa Arya Situbondo. Mereka rela mengantri hingga berdesak-desakan untuk bisa membeli beras medium dengan merek Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), distribusi dari Perum Bulog Cabang Bondowoso.

Kegiatan tersebut mendapatkan atensi dari Ketua TP-PKK Situbondo, Hj. Juma’ati Karna Suswandi. Dia mengatakan, pasar murah khusus beras murah ini merupakan kerjasama antara Pemkab Situbondo bersama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Bondowoso.

“Pasar murah khusus beras ini digelar di 17 kecamatan mulai hari Senin, 26 Februari hingga Jumat, 8 Maret mendatang. Agar mudah dijangkau oleh masyarakat, di setiap kecamatan ada dua lokasi pasar murah,” ujar Hj Jumaati Karna Suswandi.

Lebih lanjut, perempuan asal Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji ini menyampaikan, setiap kecamatan mendapat jatah 10 ton beras SPHP. “Untuk pasar murah yang di Pendapa Arya Situbondo ini merupakan lokasi tambahan. Tentu berkat kepedulian dari Bupati Karna Suswandi imbuh Juma’ati. Ini diadakan untuk menjaga stabilisasi harga beras di Situbondo,” tutur Hj Jumaati Karna Suswandi.

Menurut Hj Jumaati Karna Suswandi, pasar murah khusus beras ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Situbondo. Sebab, harga beras di pasaran terbilang masih tinggi. Untuk beras medium dijual dengan harga Rp 16 ribu per-kilogram. Sementara itu, untuk beras premium dijual dengan harga Rp 18 ribu per-kilogram.

“Kalau di pasar murah ini beras medium dijual dengan harga Rp 51.500 per-karung dengan isi 5 kilogram. Artinya per-kilogramnya dijual dengan harga Rp 9.300. Sehingga sisa uangnya bisa digunakan untuk membeli lauk pauk,” beber Hj Jumaati Karna Suswandi. [awi.iib]

Rate this article!
Tags: