Coca-cola Edukasi Warga Kurangi Sampah

Para peserta Surabaya City Clean-up dari berbagai komunitas di Surabaya saat berfoto bersama.

Surabaya, Bhirawa
Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) berupaya untuk terus bertumbuh dengan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang berkelanjutan melalui kegiatan bersih-bersih lingkungan atau City Clean-Up. Yang dilakukan di tujuh wilayah CCAI beroperasi yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Lampung, dan Bali.
Bekerjasama dengan Komunitas Nol Sampah Surabaya, CCAI juga mengajak berbagai komunitas di Kota Surabaya untuk berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih taman dan sungai di Taman Prestasi. Selain itu, para peserta juga menanam pohon nangka, matoa, dan sirsak di sekitar taman serta membagikan 500 bibit secara gratis kepada pengunjung taman.
“Sebagai perusahaan yang memproduksi minuman dan kemasannya, partisipasi dalam pengelolaan sampah post-consumer merupakan salah satu perhatian kami, bahkan setiap tahun kami mengalokasikan ratusan tempat sampah di seluruh Indonesia,” ungkap Public Affairs & Communications, Fatimah Zahra saat dikonfirmasi Bhirawa, Kamis (18/5) kemarin.
Zahra menambahkan, ratusan sampah kami berikan terutama di sekitar area pabrik CCAI untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu lingkungan dan berpartisipasi dalam edukasi masyarakat guna mengurangi sampah.
“Sejak tahun 2013, hingga kini sudah tercatat sejumlah 3.840 unit tempat sampah yang telah didistribusikan ke seluruh wilayah operasi CCAI, sebagai upaya CCAI dalam berpartisipasi dalam menjaga lingkungan,” jelasnya.
Sementara itu selain menginisiasikan kegiatan City Clean-Up, CCAI juga memberikan bantuan berupa 30 tempat sampah kepada 10 Sekolah Menengah Pertama undangan, pedagang kaki lima dan pengurus taman Prestasi Surabaya.
Bahkan acara semakin ramai dengan adanya penampilan perkusi dari Komunitas Gerakan Anak Muda Anti Narkoba (GAMAN) yang mendaur ulang sampah menjadi alat musik. Upaya CCAI dalam menjalankan program-program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Sustainability diterapkan dalam empat pilar: Environment, Our People, Wellbeing, dan Community.
“City Clean-up merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan oleh CCAI untuk pilar Environment.  Berbagai inisiatif serupa juga telah dilakukan oleh CCAI di seluruh wilayah operasinya, antara lain melalui pengelolaan limbah, efisiensi air, program Coca-Cola Forest, Bali Beach Clean-up, serta Bali’s Big Eco Weekend,” terang Zahra. [riq]

Tags: