Eggy Incar Presiden Kongres Advokat Indonesia

 Eggy Sudjana

Eggy Sudjana

Surabaya, Bhirawa
Kalah di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur pada Agustus 2013 lalu, calon Gubernur Jatim perseorangan Eggy Sudjana kembali ke profesi semula sebagai advokat. Kembali ke Jatim, kali ini ia berencana mencalonkan diri sebagai Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI) di Musyawarah Nasional (Munas) KAI nantinya.
Dijelaskan Eggy, saat ini dirinya fokus kembali sebagai advokat. Lanjut Eggy, sebagai advokat dirinya akan menerangkan terkait adanya dugaan banyak hal-hal yang mempersoalkan hasil Pemilu yang illegal. “Yang dimaksut pandangan illegal yakni tidak sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan ketentuan Undang-undang hukum,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (10/4).
Sambungnya, rencannya Munas KAI akan dilaksanakan di Palembang, 25-27 April 2014. Di Munas pertama sebanyak delapan ribu advokat KAI yang datang. Sedangkan, di Munas ke dua rencananya akan dihadiri 3-5 ribu advokat yang akan ikut meramaikan Munas di Palembang nantinya.
“Di Munas nantinya, saya berkepentingan sebagai salah satu calon Presiden KAI. Saya menyambut dukungan dari teman-teman di Jatim,” terangnya.
Disinggung terkait pencalonannya sebagai Presiden KAI, Eggy mengatakan, dirinya bertekad untuk maju sebagai calon Presiden KAI dengan dua pertimbangan. Pertama, masih lemahnya perhatian Pemerintah membantu masyarakat miskin dalam bidang hukum. “Di bidang kesehatan, Pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan BPJS dan semacamnya. Begitu pula bantuan lainnya. Tapi di bidang hukum masih belum,” urainya.
Kedua, lanjut Eggy, pencalonannya sebagai Presiden KAI juga untuk memperjuangkan berdirinya Dewan Advokat Nasional (DAN), sebagai organisasi induk organisasi-organisasi advokat. Menurutnya, DAN harus disetujui di UU Advokat yang kini masih digodok di Senayan, untuk menghilangkan sekat-sekat yang selama ini terjadi di kalangan advokat.
“Dewan Advokat Nasional ini secara otomatis menyetujui multibar di draft UU Advokat yang digodok di dewan,” ungkap Eggy.
Terkait pencalonannya, Eggy mengaku sudah berkomunikasi dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) KAI di beberapa Provinsi di Indonesia. Di Jatim, dia juga mengaku sudah didukung oleh beberapa Dewan Pengurus Cabang (DPC) KAI.
Adapun dukungan di Jatim yakni dari Surabaya, Kediri, Malang, Banyuwangi, dan Bondowoso. Sedangkan di luar Jatim, Eggy meminta dukungan dari Sulawesi Utara, NTB, Aceh, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Jawa Barat. “Sekarang posisi saya Wakil Presiden Kongres Advokat Indonesia. Dengan dukungan ini, saya harapkan bisa bisa menjadi Presiden KAI,” imbuhnya. [bed]

Tags: