Empat Kali Ikut Assesement

Puguh Wardoyo

Puguh Wardoyo
Puguh Wardoyo yang kini menjabat Kabag Organisasi Sekretariat Pemkab Situbondo, terbilang sebagai salah satu pejabat eselon III yang rajin, ulet dan disiplin. Betapa tidak, sejak mengabdi sebagai ASN di ruang lingkup kerja Pemkab Situbondo, dia sudah empat kali mengikuti assesment (seleksi untuk pejabat eselon II). Bagi Puguh Wardoyo, semua jabatan eselon II itu meski belum berhasil ia jabat, masih dicatat sebagai bagian dari pengalaman dan sejarah baik menjadi ASN.
Mantan salah satu Kabid di Bappeda Kabupaten Situbondo itu menjelaskan, dari empat jabatan eselon II yang ia ikuti (Bakesbangpol, Asisten III, Satpol PP dan BKAD) banyak hal yang ia ketahui. Ini juga dirasakan Puguh Wardoyo, saat menjabat Plt Asisten III, selama tiga bulan lamanya. “Ya, saat saya menjabat Plt Asisten III, banyak hal yang di hadapi, terutama dengan tugas tugas dan fungsi jabatan sebagai pejabat eselon II,” ujar mantan Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Situbondo itu.
Satu hal lagi yang hingga kini terkenang oleh Puguh Wardoyo, saat mengikuti seleksi menjadi Kepala BKAD (Badan Keuangan dan Asset Daerah) Kabupaten Situbondo. Saat itu, ingat Puguh Wardoyo, ia harus bersaing dengan kolega terdekatnya di lingkungan Pemkab Situbondo dan satu pejabat dari Pemkab Bondowoso. “Namun yang menduduki dan berhasil meraih peringkat nilai teratas adalah bapak Wawan Setiawan (Kepala BKAD) saat ini. Ini banyak ceritanya bagi saya. Itu karena saya harus banyak belajar lagi kepada mentor,” ungkap Puguh.
Sesaat sebelum membuat makalah dan pemaparan seleksi pejabat eselon II, lanjut Puguh, ia juga harus banyak belajar tentang menajemen keuangan serta akuntansi kepada teman seangkatannya. Tak cukup itu, aku Puguh Wardoyo, ia harus belajar sampai datang ke rumah temannya, demi bisa menguasai materi yang akan di ujikan. “Ya saya banyak belajar kepada ibu Diana (Kabag Keuangan Pemkab) dan ibu Nelly (mantan Kabid Asset BKAD, kini menjabat Kabis Industrial Dinas Ketenagkerjaan Kabupaten Situbondo),” pungkas Puguh Wardoyo. [awi]

Rate this article!
Tags: