Enam Murid Peserta UN Mundur

Widyasti Sidhartini

Widyasti Sidhartini

Nganjuk, Bhirawa
Murid SMA dan MA yang jumlahnya  5.483  dan 6000 murid SMK di Kabupaten Nganjuk hari ini Senin (14/4) akan mengikuti Ujian Nasional (UN). Namun tahun ini dipastikan ada enam peserta UN yang sudah masuk dalam daftar nominasi tetap (DNT) terpaksa mengundurkan diri.
Mereka adalah peserta UN dari SMA sebanyak tiga orang, MA sebanyak dua orang, dan SMK satu orang. Masing-masing dari SMA Muhammadiyah 3 Tanjunganom, Muhammadiyah 2 Kertosono, SMAN 1 Gondang, MA PSM Tanjunganom, MA Al Huda Gondang, dan SMK PGRI 2 Nganjuk.
Terkait dengan distribusi soal UN, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Daerah (Disdikporada) Nganjuk, Widyasti Sidhartini mengaku soal sudah didistribusikan ke 20  Polsek di Nganjuk. Selanjutnya tiap sekolah penyelenggara mengambil di Mapolsek setempat dengan pengawalan aparat kepolisian sampai ke sekolah. “Rencana awal memang sehari menjelang UN soal baru dikirim ke tiap polsek, tapi berhubung ada Pemilu ulang anggota Polisi banyak yang mengamankan pemilu maka proses distribusi soal Unas dimajukan,” tegas Widyasti.
Menurut Widyasti, paket soal UN dijamin aman di dalam kardus dan sudah diperuntukan ke setiap sekolah. Petugas, kata dia, hanya menerima kiriman paket soal dari Mapolres Nganjuk, mendata, dan langsung menyimpannya di gudang. “Jadi paket soal hingga nanti sampai ke tangan siswa masih terjaga kerahasiaanya,” kata Widyasti.
Dalam gudang penyimpanan di polsek, soal tetap dalam penjagaan ketat aparat kepolisian. Nantinya, petugas dari sekolah penyelenggara tinggal mendatangi Polsek untuk mengambil soal masing-masing. “Tapi petugas dari sekolah mulai diperbolehkan mengambil pada Senin subuh,” pungkas Widyasti.
Tuntaskan Distribusi
Sementara itu, Dinas Pendidikan (Dipendik) Kabupaten Situbondo, terus mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang akan dimulai Senin (14/4). Pada Sabtu (12/4) kemarin Dinas Pendidikan mulai mendistribusikan soal ujian nasional. Soal ujian nasional akan didistribusikan dari Mapolres Situbondo ke masing-masing Polsek se-Situbondo. Proses pendistribusian soal Ujian nasional akan dikawal aparat kepolisian.
Sebelumnya, pada tahun 2014 ini peserta ujian nasional tingkat SLTA di Situbondo sebanyak 7.346 siswa. Berbeda dengan tahun sebelumnya, peserta ujian nasional kali ini terbanyak dari siswa SMK. Jumlah itu  mencapai 2.739 siswa.Selanjutnya peserta ujian nasional dari SMA sebanyak 2.581 siswa serta  siswa Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 2.026 siswa.
Kepala Dinas Pendidikan Kab Situbondo, DR Fathor Rakhman MPd, melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Agus Hadi Prayitno, mengatakan, persoalan distribusi soal UN tidak ada masalah hingga mendekati hari pelaksaan. “Kami sudah siap menghadapi ujian nasional. Tahun ini sebanyak 7.346  siswa akan mengikuti Ujian Nasional,” terang Agus HP.
Untuk  hari pertama ujian nasional, peserta SMA/MA jurusan IPS akan melaksanakan dua mata pelajaran, yaitu  Bahasa Indonesia dan Biologi. Sedangkan jurusan IPA, kata Agus, meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Geografi. “Untuk SMK hanya ada satu mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia,” pungkas Agus HP. [ris.awi]

Rate this article!
Tags: