Enam Orang Daftar Jadi Sekda Malang

Foto: ilustrasi

Malang, Bhirawa
Pendaftaran Calon Sekda Kota Malang, secara resmi telah di tutup. Ada enam orang yang mencalonkan diri. Lima orang dari internal dan satu orang dari eksternal. Satu-satunya calon asal luar Pemkot Malang, adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Blitar, Eko Susanto.
Eko tidak langsung datang ke sekretariat panitia, tetapi dia menyampaikan melalui email, pada pukul 14.00, pada hari Jumat tanggal 19 Maret lalu.
Kepada Bhirawa melalui ponselnya, Eko menyatakan pihaknya tertantang untuk melamar menjadi orang nomor satu dijajaran birokrasi Pemkot Malang. “Benar mas saya mendaftar calon Sekda kota Malang,”tutur Eko Minggu (21/03) kemarin.
Sebelum menjabat Kadis Kominfo, pria 51 tahun ini sebagai Sekretaris Bapeda Kabupaten Blitar. Ia mengatakan tertarik dengan Kota Malang karena kota Malang sangat dinamis. “Sambil belajar cari pengalaman berkompetisi,. Apalagi di Kota Malang ini sangat dinamis, jadi saya tertantang,” tambah Eko.
Selain itu, pihaknya mengaku senang melihat Kota Malang yang kreatif, inovasi, produktif. Selain Eko, yang menarik adalah keberanian Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwista Ida Ayu Made Wahyuni yang juga mendaftarkan diri,. “Saya berani, dan mendaftar secara serius untuk menjadi Sekda,”tutur Ida Ayu.
Apalagi kata dia, puncak karir dibirokrasi adalah sekda. Sedangkan secara keilmuan sudah dia raih. “Saya sudah S3, dan ini merupakan pengalaman baru saya untuk ikut berkompetisi menjadi calon sekda,”tuturnya, sembari menyatakan jika dia sudah menyerahkan seluruh persyaratan termasuk persetujuan dari Wali Kota selaku atasannya.
Ida ayu akan bersaing dengan Kepala BKAD H. Subkhan, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Mulyono, Kadisnaker PMPTSP Erik Setyo Santoso dan Kepala Bapenda Dr Handi Priyanto AP.
Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, kelima orang calon Sekda merupakan orang yang telah berpengalaman, dibirokrasi. Yang terpenting kata Sutiaji, Sekda nanti harus mampu diterima oleh masyarakat Kota Malang.bakal calon sekda harus familiar dengan karakteristik dan kondisi di Kota Malang.”Sekda harus cerdas, smart dan bebas dari permasalahan hukum. Terus harus profesional dan humanis. Faham karakteristik Kota Malang,” katanya. [mut]

Rate this article!
Tags: