Evaluasi APBD Kabupaten Situbondo Tahun 2021 Belum Ada Kejelasan

Jajaran eksekutif dan legislatif saat menyetujui dokumen APBD tahun 20201 Kabupaten Situbondo di lantai II DPRD Situbondo beberapa hari yang lalu. [sawawibhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Hingga Selasa (30/3), tercatat sudah 14 hari dokumen APBD Kabupaten Situbondo tahun 2021 disetujui pihak eksekutif dan legislatif.

Seharusnya, hari ini (kemarin) draf dokumen APBD Kabupaten Situbondo tahun 2021 tersebut sudah selesai di evaluasi Gubernur Jatim.

Namun karena minimnya pendampingan dari Pemkab Situbondo, membuat draf dokumen APBD Kabupaten Situbondo tahun 2021 belum jelas kapan selesai di evaluasi.

Sejumlah kalangan, termasuk sejumlah anggota DPRD Kabupaten Situbondo mempertanyakan keseriusan jajaran tim eksekutif menuntaskan tahapan pendampingan persetujuan APBD tahun 2021 itu.

Seperti disampaikan Ketua DPRD Edy Wahyudi, meminta jajaran tim eksekutif Pemkab Situbondo untuk maksimal melakukan pendampingan selama proses evaluasi di Pemprov Jatim.

“Kalau maksimal melakukan pendampingan tidak mungkin belum selesai hingga saat ini. Padahal, di Provinsi Jatim hanya Kabupaten Situbondo yang hanya memasuki tahap evaluasi dokumen APBD tahun 2021,” jelas Edy Wahyudi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo, Syaifullah, memastikan Gubenur Jatim Khofifah Indar Parawansa mulai mengevaluasi APBD Situbondo sejak 15 Maret lalu.

Kata Syaifullah, dari catatan pihaknya Selasa hari ini sudah genap memasuki 14 hari evaluasi sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Ya memang memasuki waktu 14 hari. Namun belum ada kabar kapan APBD Kabupaten Situbondo tahun 2021 itu akan turun ke Kabupaten Situbondo,” sergah Syaifullah.

Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Situbondo itu menegaskan, pihaknya belum bisa memastikan apakah evaluasi Gubernur akan turun hari ini atau tidak.

Sebab, ujar Syaifullah, hingga kemarin belum ada kabar yang mengkonfirmasikan terkait APBD tahun 2021 Kabupaten Situbondo. “Pemerintah Kabupaten Situbondo tidak bisa mengintervensi. Yang jelas kabar terakhir dokumen pengesahan APBD Situbondo sudah ada di meja Gubernur,” aku Syaifullah.

Saat ditanya apakah Gubernur sudah tanda tangan atau belum ? Sekda Syaifullah mengaku belum mengetahui secara pasti. Tetapi jika mengacu kepada ketentuan yang ada, besok (Rabu/31/3) seharusnya sudah turun.

Untuk itu, mantan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Situbondo itu menerangkan, Pemkab Situbondo tentu menginginkan proses evaluasi APBD segera selesai.

“Sebab, jika prosesnya lama akan berdampak bagi program-program pemerintah. Apalagi APBD itu menyangkut kebutuhan masyarakat dan juga sagat vital bagi kepentingan pembangunan di daerah. Untuk itu mari ditunggu saja,” pungkas mantan Asisten II Setdakab Situbondo itu. [awi]

Tags: