Fakultas Vokasi Unair Kembangkan Vokasi Mart Jadi Lab Terpadu

Dekan Fakultas Vokasi Unair, Prof Dr drh Anwar Ma’ruf Mkes

Surabaya, Bhirawa
Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya meresmikan kembali Vokasi Mart sebagai tempat yang akan dikembangkan menjadi laboratorium terpadu. Sebelumnya, tempat ini hanya digunakan untuk laboratoirum praktikum mata kuliah retail.
Menurut Kaprodi Manajemen Pemasaran, Maurisia Putri Permatasari, awalnya Vokasi Mart merupakan laboratorium Retail untuk prodi Manajemen Pemasaran saja. Kemudian, dikembangkan agar bisa digunakan oleh mata kuliah lainnya. Serta membangun kemitraan dengan UMKM di Surabaya dan Jatim.
“Jadi dengan kami kembangkan juga untuk vokasi mart online untuk bisa digunakan sebagai laboratorium E-commerce,” kata dia.
Apalagi, saat pandemi, penjualan dilakukan secara online. Sehingga Vokasi Mart juga berfungsi sebagai warehouse beragam produk dari wirausaha mahasiswa, tenaga pendidikan dan dosen Fakultas Vokasi.
“Diharapkan (Vokasi Mart) bisa menjadi pengembangan usaha dan memperluas sasaran pasar kami karena terbuka secara online dan offline,” paparnya.
Kedepan, model praktikum bisa mulai dilakukan pada semester Gasal secara bergantian. Misalkan untuk retail, maka akan membahas tentang pengaturan toko dan pemasarannya. Sedangkan jika digunakan untuk laboratorium E-commerce bisa melakukan penjualan online.
Dekan Fakultas Vokasi Unair, Prof Dr drh Anwar Ma’ruf MKes menambahkan, Vokasi Mart akan mewadahi semua usaha mahasiswa, dosen, Tenaga Didik (Tendik) dan UMKM yang ada di Jatim. Mulai dari pendampingan proses, pengemasan hingga pemasaran produk.
Upaya pengembangan Vokasi Mart, lanjut Prof Anwar, juga sebagai bentuk bantuan pihaknya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, 21 program studi yang ada di Fakuktas Vokasi akan membantu berbagai permasalahan dalam UMKM.
“Kami berharap dosen di Fakultas Vokasi nantinya juga tidak terjebak dengan dosen akademisi. Praktek dan Pengabdian pada Masyarakat juga harus diterapkan,” lanjutnya.
Tak hanya UMKM, produk yang dijual Vokasi Mart nantinya akan berkembang pada kebutuhan penelitian akademisi. Seperti penyediaan hewan uji coba. [ina]

Tags: