Film Senyap Rongrong Keutuhan NKRI

The Look of Silence (1)Kab Malang, Bhirawa
Pemutaran film senyap atau The Look of Silence di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Malang telah dipersoalkan oleh salah satu organisasi masyarakat (ormas) yakni Pemuda Pancasila (PP), karena film senyap tersebut dinilai telah melanggar hukum Indonesia.
Menurut, Ketua Forum Komunikasi Keluarga Besar Pemuda Pancasila (FKKBPP) Malang Raya Nur Hadi, Senin (22/12), kepada wartawan, bahwa film dokumenter Senyap berdurasi 90 menit itu dibesut sineas Amerika Serikat, Joshua Oppenheimer, dan diproduseri oleh sutradara legendaris dunia asal Jerman, Werner Herzog, telah menyalahi ketentuan Pasal 80 Undang-Undang (UU) Nomor 33 Tahun 1999 tentang Perfilman, serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1994 tentang Lembaga Sensor Film. “Pelanggar Pasal 80 dipidana dengan penjara maksimal dua tahun atau membayar denda maksimal Rp 10 miliar,” paparnya.
Selain melanggar UU perfilman Indonesia, lanjut dia, film tersebut juga sangat meresahkan masyarakat, dan juga bisa merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI). Sebab, Pancasila dan NKRI itu harga mati, sehingga siapa pun yang ingin merusaknya, kami siap melawannya. Sehingga dengan diputarnya film The Look of Silence di wilayah Malang Raya, maka atas nama PP dirinya akan melakukan gugatan.
“Rencana untuk menggugat filmSenyap tersebut, PP telah didukung Ketua Jam’iyyah Ahli Thariqah al-Mu’tabarah an-Nadliyah Jawa Timur (Jatman Jatim) Muhammad Yusuf  (Gus Yusuf). Karena dalam film itu sangat  provokatif dan menjadi bentuk upaya propaganda global untuk melemahkan kedaulatan NKRI dan meniadakan Pancasila,” tegas Nur Hadi. [cyn]

Rate this article!
Tags: