FKUB Pamekasan Mengajak Masyarakat Menjaga Kerukunan Umat Beragama

Ketua FKUB Pamekasan, Muid Khozin didampingi Camat Galis, Amirus Shaleh, menjelaskan peranan organisasi FKUB.

Pamekasan, Bhirawa
Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pamekasan, KH. Muid Khozin mengajak masyarkat untuk menjaga kerukunan antar umat beragama. Sebab menjaga kerukunan adalah kewajiban bersama.

“Karenanya, masyarakat di desa juga dipandang perlu untuk tahu perihal FKUB untuk kemudian dapat bersinergi menjaga kerukunan umat beragama,” kata Kiai Muid, saat sosialisasi FKUB di pendopo Kecamatan Galis, kemarin.

Sosialisasi FKUB bertema “Menjaga kerukunan umat beragama merupakan bagian dari kerukunan nasional”, dihadiri Camat Galis, Forkopimka Galis, Ulama, Tokok masyarakat, juga Forum Kerukunan Wanita Umat Beragama (FKWUB) dan Forum Kerukunan Pemuda Umat Beragama (FKPUB).

Kiai Muid menjelaskan, Kegiatan sosialisasi untuk memperkenalkan FKUB kepada masyarakat. Karena komposisi keberagaman umat beragamanya lengkap, ada Islam, Konghucu, Kristen, Hindu, dan Budha.

Berharap, sosialisasi ini berjalan lancar dan diterima oleh tomas serta elemen masyarakat. “Jika semuanya baik dari pemerintah kecamatan, desa, tokoh masyarakat serta masyarakatnya menerima, InsyaAllah kami akan membentuk FKUB di tingkat kecamatan,” jelasnya.

Camat Galis, Amirus Shaleh menyambut baik niat FKUB untuk membentuk FKUB di tingkat kecamatan. Menurutnya, hal itu menjadi ide yang baik untuk dapat menumbuhkan semangat toleransi antar umat beragama.

“Kami siap mendukung. Nanti kami bersama para tokoh membina untuk kemudian dapat menjaga kerukunan umat, minimalnya hidup enak dalam bertetangga (toleransi antar umat beragama),” ungkapnya.

Terlebih, lanjut Amir, di Kecamatan Galis ini yakni di Desa Polagan itu ada Vihara (tempat peribadatan non muslim), maka diharapkan dengan adanya FKUB Kecamatan ini masyarakat bisa lebih berbaur dan rasa toleransinya semakin kuat. [din]

Tags: