Flynas Juga Bidik Pasar Surabaya

Saifullah Yusuf

Saifullah Yusuf

Surabaya, Bhirawa
Tak hanya menarik minat maskapai nasional seperti Garuda Indonesia, pasar Jatim juga menarik minat Flynas, maskapai terkemuka berbiaya rendah dari Arab Saudi. Bersamaan dengan penerbangan perdana Garuda Indonesia Surabaya-Jeddah, Flynas juga memberangkatkan penerbangan perdana Surabaya-Madinah dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, Minggu (13/4) sore.
Wakil Gubernur Jatim Drs H. Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul memberangkatkan penerbangan perdana maskapai Flynas Airlines ini.
“Ini adalah salah satu pesawat yang pertama kalinya membawa jamaah langsung dari Surabaya menuju Madinah. Jadi banyak orang umroh, tetapi yang merasakan perjalanan umroh dari Surabaya langsung ke Madinah baru dengan maskapai ini,” ujarnya.
Ia mengatakan, pesawat ini akan terbang langsung dari Surabaya ke Madinah selama dua kali seminggu. Penerbangan ini bagus sekali karena dapat menampung potensi jamaah umroh di Jatim.
Lebih lanjut disampaikannya, ada potensi sekitar 800 ribu jamaah umroh setiap tahunnya dari Jatim. Selama ini keberangkatan jamaah biasanya berangkat lewat Jakarta, belum bisa semua jamaah difasilitasi. “Dengan adanya penerbangan langsung, seperti Flynas dari Surabaya ke Madinah, atau Garuda Indonesia dari Surabaya ke Jeddah, membuat kesempatan jamaah makin besar untuk bisa melaksanakan ibadah umroh,” kata Gus Ipul.
Pada sisi lain, Gus Ipul mengatakan pentingnya Konsul Jenderal Arab Saudi di Surabaya. Tujuannya adalah untuk membantu kelancaran jamaah dan urusan lainnya. Sehingga untuk urusan ibadah umroh, haji ataupun urusan lainnya dengan Arab Saudi tidak perlu ke Jakarta. Hingga saat ini, sudah ada 13 negara yang memiliki konjen dan konsul kehormatan di Surabaya.
“Arab Saudi sebenarnya memiliki kepentingan dengan Jatim, oleh karenanya permohonan kami kepada Pemerintah Arab Saudi melalui Duta Besar Arab Saudi untuk bisa membuka Konjen Arab Saudi di Jatim,” tuturnya.
Pada kesempatan yang sama, CEO Flynas Dato’ Abdul Nasser bin Abu Kassim mengatakan, penerbangan dari Surabaya ke Madinah beroperasi setiap Minggu dan Selasa, dan penerbangan Jeddah-Surabaya akan beroperasi setiap¬† Sabtu dan Senin dengan menggunakan pesawat 747-400.
Ia menjelaskan, sesuai dengan permintaan besar,¬† Flynas telah menyetujui untuk melakukan penerbangan langsung dari Surabaya-Madinah. “Pasar Jatim adalah pasar umroh yang cukup potensial di dunia,” ujarnya.
Lebih lanjut disampaikannya, Kota Surabaya adalah bagian dari program rute penerbangan global Flynas yang akan memberikan jaringan rute penerbangan internasional berkualitas tinggi ke Eropa, Asia, dan Arika, namun tetap dengan biaya yang terjangkau.
“Semua penerbangan internasional Flynas akan beroperasi dari pusatnya di Jeddah, Kerajaan Arab Saudi. Tujuan lain yang akan diluncurkan sebagai bagian dari program rute penerbangan global Flynas adalah London Gatwick dan Manchester di Inggris, Paris di Perancis, Kuala Lumpur di Malaysia, Karachi di Pakistan, dan Casablanca di Maroko.
Flynas merupakan maskapai terkemuka berbiaya rendah dengan nilai tambah (Low Cost Carrier Plus) dari Arab Saudi dengan armada baru sejumlah 27 unit pesawat dan mengoperasikan hampir 1.000 penerbangan setiap minggunya untuk 88 rute di dalam dan luar Arab Saudi.
Flynas diresmikan pada 2007 dan telah berhasil mengoperasikan 140 ribu penerbangan yang membawa lebih dari 15 juta penumpang, angka yang terus tumbuh selama bertahun-tahun. Flynas adalah penerbangan nasional kedua dari Arab Saudi setelah Saudi Arabia Airlines. [iib]

Rate this article!
Tags: