Fraksi PAN Siap Berikan Pelatihan Bagi Anak Muda

DPRD Jatim, Bhirawa
Ketua Fraksi PAN DPRD Jatim, Basuki Babussalam gandeng anak-anak muda untuk dididik berdikari agar bisa survive dimasa pandemi saat ini yang menghantam sendi perekonomian. Menurutya, kondisi saat ini membuat banyak diantara yang alami problem ekonomi.

“Ayo saya ajak ibu ibu bapak bapak, khususnya anak anak muda yang ada, kita bangkit, kita ciptakan usaha- usaha baru. Mari kita bersama sama bangkit dari keterpurukan ini,” ucap Basuki ketika berbicara didepan masyarakat desa Gadungan kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, saat reses I tahun 202, Rabu (3/3/2021) malam.

Apa yang diucapkan politisi muda PAN ini tidak sekadar omong kosong. Basuki bahkan menyatakan dirinya siap memberikan pelatihan anak-anak muda yang ada untuk mengikuti pendidikan singkat, agar mereka bisa berwiraswasta mencari peluang untuk berusaha.

“Ada tempat disini yang cukup layak, yang nanti saya gunakan sebagai basecamp untuk pendidikan mereka nantinya,” ujar Basuki. “Kita akan datangkan pelaku pelaku usaha yang berhasil, kita datangkan pakar pakarnya. Nanti kita sediakan makan mereka peserta. Ya, mereka nginap disitu lima hari lah,” lanjutnya.

Mereka, kata Basuki akan kita latih bagaimana membaca peluang usaha dilingkungan mereka, kita latih mereka bagaimana menjadi entrepreneur yang baik, serta kita latih bagaimana mereka memanfaatkan tekhnologi yang ada.

“Jadi mereka nanti akan langsung mengetahui bagaimana cara masarkan untuk memasarkan prodak yang mereka hasilkan,” ulasnya. Basuki memberikan contoh di Blitar prodak ikan Koi menjadi prodak unggulan, tapi ada ikan koi yang todak layak jual oleh pengusaha ikan koi disana di buang.

“Nah ini khan peluang yang bisa diambil untuk bisa dipasarkan disini dengan harga yang lebih murah. 3 ribu sampai 5 ribu khan untung. Ini yang dinamakan menangkap peluang. Ini yang kita harapkan,” urainya.

Sementara itu terkait permodalan, politisi cukup lincah ini mengungjapkan hal ini juga sudah menjadi pemikikiran kita. “Kita sudah menggandeng beberapa pengusaha sukses yang siap meminjamkan modal untuk mereka nantinya. Bahkan bila prodak yang mereka hasilkan memenuhi lriteria yang diharapkannya. Para pengusaha siap menjadi partner mereka nantinya,” pungkasnya. [geh]

Tags: