Fraksi PKS: Selamat Bekerja Walikota Baru

Ketua Fraksi PKS Akhmad Suyanto

Surabaya, Bhirawa
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Surabaya menyampaikan selamat kepada pasangan Eri Cahyadi dan Armuji yang hari ini dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Surabaya oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi.
Ketua Fraksi PKS Akhmad Suyanto menyampaikan hal tersebut di ruang kerjanya.
“Saya ucapkan selamat bekerja kepada Pak Eri dan Pak Armuji. Dengan kondisi pandemi dan kelesuan ekonomi, tentu banyak sekali PR yang harus dikerjakan untuk kesejahteraan warga Surabaya,” ujar Yanto, panggilan akrabnya.
Yanto melanjutkan, dengan APBD yang semakin besar, tentu Surabaya bisa berbuat banyak dalam mengatasi berbagai permasalahan warga.
“Terutama persoalan ekonomi yang berimpitan dengan persoalan kesehatan di masa pandemi. Pengangguran sekarang meningkat. Jumlah penduduk miskin juga. Pemukiman kumuh masih banyak. Walikota baru mesti punya formula untuk mengatasi hal ini,” ungkap pria yang tinggal di kawasan Bulak ini.
Di samping itu, Yanto juga mengingatkan agar Walikota bisa menjaga kultur santri di Kota Surabaya.
“Jangan sampai ciri religius dari Surabaya hilang. Budaya santri yang moderat dan toleran harus dijaga dan dilestarikan. Karena itu kegiatan-kegiatan bernuansa religi mesti digalakkan termasuk di kampung-kampung. Juga fasilitas-fasilitas ibadah dan wisata religi harus mendapat perhatian pemerintah kota,” tutur Yanto.
Pada kesempatan itu Yanto juga menyebutkan bahwa sebagai Kota kelas dunia, Surabaya mesti mengejar berbagai indikator kemajuan kota.
“Secara fisik, bagaimana bisa terjadi pembangunan berkelanjutan yang eco-friendly dan social-friendly. Secara nonfisik, bagaimana Indeks Pembangunan Manusia, Indeks Kebahagiaan, Indeks Persepsi Korupsi, bisa terus meningkat. SDG’s harus menjadi acuan bagi Kota sekelas Surabaya. Jangan sampai mundur ke belakang,” terang Yanto.
Fraksi PKS menyatakan siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kota di bawah pimpinan Walikota Eri dan Wakil Walikota Armuji.
“Sebagai Dewan, kami akan melaksanakan tugas sebagai bagian dari pemerintahan kota. Melakukan penyusunan anggaran pembangunan, pengawasan program pemerintah, dan pembentukan peraturan daerah yang diperlukan. Kita akan kawal Pemerintah Kota agar benar-benar mewujudkan kesejahteraan yang merata bagi warga Surabaya,” pungkas Yanto. [dre]

Tags: