Frontage Road Sidoarjo Ditarget Tuntas Desember 2021

Kondisi FR yang ada di wilayah Aloha, Gedangan, yang pembangunan fisiknya sudah selesai. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Plt Kepala Dinas PUBM dan SDA Kab Sidoarjo, Ir Sigit Setyawan mengatakan Pemkab Sidoarjo akan melanjutkan pembangunan Frontage Road (FR) sepanjang 1,3 kilometer sejak dari Desa Sawotratap Kec Gedangan sampai Perempatan Gedangan, sekitar Bulan Agustus tahun 2021 ini.

Untuk keperluan tersebut, menurut Sigit, Pemkab Sidoarjo Pemkab sudah menyiapkan anggaran untuk pembangunan fisiknya, sebesar Rp57 miliar. “Ya sudah kita siapkan anggarannya untuk FR sepanjang 1.300 meter itu, mulai Brigif 1 Marinir Aloha sampai Gedangan arah ke Betro itu,” komentar Sigit, Kamis (10/6) kemarin.

Proses pembangunan FR sejak 2018 sampai 2020 itu, diakui Sigit memang kurang maksimal. Progres pembangunannya sangat lambat. Pada tahun 2020 saja, yang dikerjakan hanya 200 meter saja. Di era kepemimpinan Bupati Sidoarjo baru, Ahmad Muhdlor pembangunan proyek jalan pengurai kemacetan di sepanjang jalan nasional Sidoarjo itu akan dikebut.

Persiapan fisik menurutnya diperkitarakan akan membutuhkan waktu sejak pertengahan Juni 2021. Baru sekitar awal Agustus pengerjaan fiisiknya akan dimulai. Mudah-mudahan tidak ada kendala untuk proses pengadaannya. “Kita targetkan 1.3 kilometer itu bisa tuntas pada Desember tahun ini,” ujar Sigit yang juga Kadis DLHK Kabupaten Sidoarjo itu.

Untuk pembongkaran 148 persil di sepanjang lahan frontage dari wilayah Kec Gedangan sampai Kec Buduran, Pemkab Sidoarjo, kata Sigit, sudah mengirimkan surat perintah pembongkaran bangunan. Kepada para pemilik persil yang tanahnya sudah dibeli Pemkab Sidoarjo sejak 2016 silam, dberi waktu 30 hari agar mereka bisa membongkar sendiri bangunannya. “Kalau setelah 30 hari bangunan itu belum juga dibongkar, Pemkab Sidoarjo melalui Dinas PU BMSDA akan mengerahkan alat berat untuk membongkar seluruh bangunan yang ada,” ujar Sigit.[kus]

Tags: