Gaji ASN Sidoarjo Diupayakan Cair Secepatnya

Ahmad Zaini. [alikus/bhirawa]

Pemkab Sidoarjo, Bhirawa
ASN di Kabupaten Sidoarjo awal tahun 2021 ini masih belum menerima gaji. Sekdakab Sidoarjo, Drs Ahmad Zaini MSi, menegaskan dalam waktu yang tidak terlalu lama pembayaran gaji Bulan Januari 2021 ini akan diupayakan bisa segera dicairkan.

“Kami mohon agar ASN bisa paham dengan kondisi yang ada,” jelas Ahmad Zaini, Senin (4/1) kemarin. Dirinya menjelaskan masalah gaji ASN Kab Sidoarjo yang mengalami keterlambatan cair ini juga sempat dialami di sejumlah daerah. Misalnya saja di Kab Tulungagung dan Kab Situbondo.

Pencairan gaji di awal tahun 2021 ini terlambat, tutur Zaini, diantaranya dikarenakan, ada peralihan atau transisi dari Sistem penatausahaan Keuangan pemerintah Daerah atau SIKSDA ke SIPD atau Sistim Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah.

SIPD sebagai sistem dari Pusat yang efektif berlaku di tahun 2021 ini untuk penatausahaan keuangan daerah, kata Zaini, saat ini sudah dalam proses.

Kondisi lain yang mengakibatkan pencairan gaji di awal tahun 2021 ini terlambat, menurut Zaini, penanda tanganan Perda APBD tahun 2021 Kab Sidoarjo beserta Perbup lainnya, karena masih dalam proses.

“Namun kami berusaha agar dalam waktu yang tidak terlalu lama, pembayaran gaji ini bisa segera dicairkan,” ujar Zaini. Data dari Bendahara Umum Daerah (BUD) atau Kasda yang ada di Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kab Sidoarjo, jumlah ASN yang ada di Kab Sidoarjo kurang lebih ada sebelas ribuan.

Terbanyak dari kalangan pendidik atau guru. Sejumlah ASN Sidoarjo yang ditemui di lingkungan Sekretariat Daerah Pemkab Sidoarjo banyak mengatakan gaji yang diterima biasanya banyak digunakan untuk keperluan sekolah anak-anaknya. [kus]

Tags: