Gandeng Pramuka, KOTI Jatim Siap Kembangkan Otrad

Pengurus KOTI Jatim usai dilantik oleh Ketua Umum KOTI Pusat Suherman di Lapangan Dispora Jatim.

Surabaya, Bhirawa
Usai dilantik oleh Ketua Umum Komunitas Olahraga Tradisional Indonesia (KOTI), Suherman pekan lalu, kini para pengurus KOTI Jatim siap untuk mengembangkan dan sekaligus membina olahraga tradisional (Otrad).
Menurut Ketua KOTI Jatim, Haris Ramadhan, untuk mengembangkan otrad, pengurus akan bekerjasama dengan lembaga atau organisasi lainnya, salah satunya adalah Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jatim.
“Untuk mengembangkan olahraga tradisional kita tidak akan berjalan sendiri dan harus bekerjasama dengan organisasi lainnya, seperti Pramuka,” katanya, Selasa (26/11).
Lebih lanjut ia mengatakan otrad merupakan salah satu olahraga asli Indonesia yang harus dilestarikan. Sebab di era digital saat ini masyarakat sudah jarang memainkan otrad seperti egrang, terompah panjang, hadang dan lainnya.
“Kami akan terus mengembangkan olahraga tradisional, sebab sangat disayangkan jika olahraga asli Indonesia ini malah dilupakan,” katanya.
Selain itu KOTI Jatim juga akan menggali bibit atlet Ortad, terutama di olahraga egrang, dagongan, terompah panjang, sumpitan dan hadang yang selama ini sering dilombakan di level nasional. “Sampai saat ini Jatim membutuhkan bibit atlet olahraga tradisional,” kata Haris. [wwn]

Tags: