Gandoli Profesi Pengacara

Muzammil Syafi'i

Muzammil Syafi’i

Orang pasti tidak akan percaya, jika sosok yang satu ini sudah pernah bekerja di tiga sektor pekerjaan yang berbeda. Yaitu sebagai pengacara (yudikatif), Wakil Bupati Kab Pasuruan (eksekutif), Ketua DPRD Kab Pasuruan dan sekarang ini sebagai anggota DPRD Jatim (legislatif). Tapi itulah yang dilakoni Muzammil Syafi’i.
Menurut Muzammil sebenarnya dia selama ini lebih banyak berkosentrasi pada pekerjaannya sebagai pengacara. Namun karena garis tangan berkata lain, sehingga mengantarkannya sebagai Wakil Bupati Kab Probolinggo untuk satu kali periode.
“Jujur saya tidak mengira jika dari profesi sebagai pengacara justru mengantarkan saya sebagai Wakil Bupati Kab Pasuruan periode 2003-2007. Begitu pula saat saya menjadi Wakil Bupati Kab Pasuruan, waktu itu tidak terpikir akan duduk sebagai anggota legislatif yaitu Ketua DPRD Kab Pasuruan periode 1999-2003. Ya itulah tulisan tangan, ternyata Allah justru menjadikan saya sebagai orang yang pernah duduk di tiga jabatan yang berbeda,”ungkap politisi asal Nasdem ini sembari tersenyum.
Menurutnya, profesi sebagai pengacara tidak akan dilepas. Sebab namanya sudah masuk ke dalam pengacara senior dan memiliki sohib yang cukup banyak. Maklum dia mengawali kerja sebagai pengacara sejak 1987. ”Memang waktu 1987, masih sedikit orang yang memiliki profesi pengacara. Namun saat ini sangat banyak, akan tetapi kualitasnya tidak sama dengan yang dulu. Melihat kenyataan itulah saya akan tetap bekerja sebagai pengacara, meski saya juga duduk sebagai anggota DPRD Jatim,”papar pria asli Pasuruan 3 Juni 1955 ini.
Bagaimana setelah tidak lagi duduk sebagai anggota dewan? Menurut ayah empat putera ini dia tidak akan mempermasalahkannya. Pasalnya, rejeki itu  ada di mana-mana. Namun yang pasti pria yang juga Ketua Fraksi NasDem-Hanura Jatim tetap akan melanjutkan profesinya sebagai pengacara. ”Dengan menjadi seorang pengacara, saya dapat membantu masyarakat miskin yang berurusan dengan hukum. Kasihan mereka, rata-rata buta akan hukum. Akibatnya, mereka ini selalu menjadi tumbal. Di sinilan saya datang untuk mendampingi mereka,”lanjutnya. [cty]

Rate this article!
Gandoli Profesi Pengacara,5 / 5 ( 1votes )
Tags: