Garudafood Perkuat Teknologi Informasi dan Komunikasi Berbasis Digital

Head of Corporate Information Technology Garudafood, Johanes Hartanto (kedua kiri) didampingi Head of Corporate Communication & Relations Garudafood, Dian Astriana (kanan) berdiskusi dengan Lecture Specialist Binus University, Yakob Utama Chandra (kedua kanan) mengenai salah satu strategi digital Garudafood menuju industri 4.0.

Surabaya, Bhirawa
Kesiapan memasuki era revolusi industri ke-4 khususnya industri makanan dan minuman menjadi salah satu pionir dari lima sektor manufaktur yang masuk dalam Roadmap Making Indonesia 4.0 yang dicanangkan oleh pemerintah.
PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) sebagai salah satu perusahaan makanan dan minuman terus melakukan improvement dan inovasi untuk semakin memperkuat sistem teknologi informasi dan komunikasi berbasis digital sebagai salah satu cara menuju industri 4.0.
Head of Corporate Information Technology Garudafood, Johanes Hartanto saat dikonfirmasi Bhirawa, Senin (3/12) kemarin mengungkapkan konsep industri 4.0 itu sendiri, mengusung adanya integrasi di semua lini dan didukung dengan teknologi informasi yang canggih, sehingga mampu meningkatkan produktivitas organisasi.
“Kami terus berbenah dan mempersiapkan teknologi informasi yang terintegrasi di semua lini proses bisnis Garudafood yang berbasis digital yakni kontrol yang menggunakan mobile atau smartphone. Model bisnis process seperti ini bertujuan untuk mempercepat proses bisnis serta mendukung produktivitas organisasi,” terangnya.
Sedangkan Johanes saat ditemui di sela seminar ‘Information System for the Enterprise’ yang diselenggarakan di Universitas Binus fakultas Sistem Informasi Alam Sutra-Tangerang memaparkan mengenai ‘Digital Supply Chain’ yang terintegrasi dari end to end process sehingga tepat sasaran dan mampu menjawab kebutuhan konsumen sebagai salah satu strategi Garudafood menuju industri 4.0.
Johanes menambahkan selain itu, pihaknya juga melakukan partnering yang biasanya disebut dengan IT Managed Service dengan tujuan untuk mendapatkan pelayanan kualitas teknologi informasi terbaik di Garudafood.
Perencanaan, pengembangan dan penerapan teknologi informasi (IT Strategic) Garudafood diinisiasi dengan menerapkan standar prosedur kerja dan kontrol yang baik sesuai dengan kebutuhan bisnis Garudafood.
“Penerapan sistem teknologi informasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan, kontrol, efisiensi kerja serta pelaporan yang transparan dan akurat kepada manajemen. Melalui penerapan teknologi informasi ini, Garudafood dapat memiliki landasan yang kuat dalam mengantisipasi dinamika perubahan pasar,” jelasnya.
Garudafood saat ini memproduksi dan menjual produk makanan dan minuman di bawah lima merek unggulannya yaitu Gery, Garuda, Chocolatos, Leo dan Clevo. Produk-produk tersebut meliputi biskuit, kacang, pilus, keripik, confectionery, minuman susu dan serbuk coklat. Garudafood saat ini telah melakukan penjualan ekspor ke lebih dari 20 negara dengan fokus pada negara-negara ASEAN, China dan India. [riq]

Tags: