Gelar Karya UKK, SMKN 1 Bojonegoro Tampilkan Hasil Karya Siswa

Siswi SMKN I Bojonegoro lakukan peragaan busana, fashion show kecantikan.

Bojonegoro, Bhirawa
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bojonegoro menyelenggarakan gelar karya Uji Kompetensi Keahlian (UKK) menampilkan hasil karya siswa siswi di bangku kelas XII, Kemarin (22/2) dihalaman sekolah setempat.

Menariknya dalam kegiatan ini disuguhkan berbagai tampilan dari hasil karya UKK siswa siswi SMK Negeri 1 Bojonegoro, mulai dari peragaan busana, fashion show kecantikan, demo tata laksana perhotelan hingga berbagai jenis menu makanan hasil karya siswa.

Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan akses sertifikasi lulusan peserta didik dari SMK. Selain untuk meningkatkan akses sertifikasi lulusan, kegiatan UKK merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan SMK.

Kepala SMK Negeri I Bojonegoro, Roedi Agus Setiyono melalui Wakil Kepala (Waka) Bidang Kurikulum, Wasriah menyampaikan, kegiatan ini merupakan puncak dari UKK SMK Negeri 1 Bojonegoro. Dipuncak UKK ini seluruh siswa kelas XII menampilkan hasil karyanya.

“UKK merupakan perbedaan dari Sekolah Menengah Atas dengan Sekolah Menengah Kejuruan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan oleh Waka Bidang Kurikulum bahwa keahlian dari siswa selama 3 tahun dalam menempuh pendidikan akan diuji sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.

“Jadi kompetensi keahlian para siswa hari ini akan diuji di acara puncak UKK,” katanya.

Wasriah juga berharap dengan adanya UKK ini merupakan jembatan bagi siswa siswi untuk menggapai impian mereka di masa yang akan datang.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan penampilan hasil karya siswa UKK SMK Negeri 1 Bojonegoro ini menjadi jembatan bagi mereka untuk memasuki dunia kerja di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Untuk diketahui bersama bahwa hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan dan penyelenggara pendidikan dalam hal ini SMK menginginkan pendidikan vokasi selaras dengan kebutuhan dunia kerja. [bas]

Tags: