Gelar Rakor, TKSK Samakan Persepsi

Pemprov Jatim, Bhirawa.
Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang digelar Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Jatim.

Pelaksanaan rakor TKSK berlangsung di Unit Pelaksana Teknis Peningkatan Tenaga Kesejahteraan Sosial (UPT PTKS) Malang, dengan dihadiri oleh Koordinator TKSK Provinsi Jatim dan 38 koordinator TKSK kabupaten/kota se-Jatim.

“Kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk menyinkronkan pemikiran TKSK seluruh Jatim,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Jatim Ir Moehammad Anas MM yang hadir langsung untuk membuka acara.

Koordinator TKSK Provinsi Jatim, Nur Soleh mengatakan, penyamaan persepsi ini sangat penting dalam pelaksanaan tugas TKSK untuk memberikan pelayanan pada masyarakat. “Selain itu juga untuk meningkatkan kerjasama pelayanan terutama pada PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial), ” katanya.

Ia juga menyampaikan pada seluruh koordinator TKSK se Jatim agar nantinya pelaporan TKSK berbasis online dari Dinsos Jatim. “Memudahkan pelaporan dan masyarakat dapat melihat serta bisa melihat kinerja yang terukur. Misalkan jumlah kasus, yang tertangani dan lainnya, ” ungkapnya.

Ia juga berharap TKSK lebih aktif dan inovatif serta selalu berkolaborasi bersama pilar sosial lainnya. “Meski sudah maksimal dalam kinerja, kami juga berharap adanya fasilitas yang kini masih minim, dari Pemprov Jatim. Meskipun saat ini kami bekerja dengan fasilitas mandiri,” ujarnya.

Sejumlah materi diberikan kepada para peserta rakor. Antara lain, penguatan motivasi dan kinerja koordinator TKSK yang disampaikan oleh psikolog atau motivator dan materi tugas pokok koordinator TKSK yang disampaikan oleh Koordinator TKSK Provinsi Jatim Nursoleh. Materi terakhir, yaitu arah kebijakan dan program Dinsos Jatim yang disampaikan langsung oleh Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Jatim.

Selain itu, dalam kegiatan itu juga ada penyerahan 666 seragam kaos TKSK, 415 rompi, dan 39 topi untuk koordinator TKSK. [rac.gat]

Rate this article!
Tags: