Gemar Menelusuri Sejarah

Yupiter Sulifan M Psi

Yupiter Sulifan M Psi
Tak berlebihan kiranya kalau hobi menelusuri sejarah dan menulisnya, menjadikan dirinya ditunjuk PCNU Sidoarjo sebagai salah seorang tim penulis buku Sejarah NU Sidoarjo. “Bersyukur dan bangga dipercaya menjadi tim penulis buku sejarah Ormas terbesar di nusantara ini. Alhamdulillah bukunya juga telah terbit,”. Itulah ungkapan Yupiter Sulifan MPsi guru BK (Bimbingan Konseling) SMAN 1 Taman Sidoarjo.
Pria berkumis ini mengatakan, kalau salah satu hobinya adalah menelusuri sejarah masa lalu. Maksudnya ? “Sedari muda saya ini suka sejarah. Tempat-tempat bersejarah, makam, bangunan, candi ataupun alam yang masih alami dan bernuansa sejarah. Saking sukanya pada tempat-tempat angker, oleh teman-teman saya diberi gelar Sarkub, sarjana kuburan,” kenang Pak Juve_sapaan akrabnya, pada Rabu (20/1) kemarin.
“Menelusuri jejak-jekak sejarah bukan tertarik klenik, mistis ataupun supranaturalnya melainkan menikmati indahnya relief, arsitek masa lalu yang penuh keindahan dan kemegahan. Bukan hanya peninggalan masa kerajaan, tapi juga peninggalan jaman kolonial penjajahan juga menarik saya minati,” ungkap S2 Psikologi Untag Surabaya ini.
Sosok yang satu ini bisa dibilang multitalent. Ia memiliki seabrek aktifitas dan keahlihan. Selain guru BK, juga menjadi Ketua Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMA negeri/swasta se-Sidoarjo 2017/2021, juga sebagai Koordinator Komunitas Guru BK di Sidoarjo. “Untuk Ketua MGBK tahun ini sudah berakhir dan harus diganti, regenerasi,” ujarnya.
Juvu juga mengaku, sejak tahun 2014 hingga 2017 menjadi Instruktur Nasional (IN) guru BK Implementasi Kurikulum 2013 untuk SMA/SMK di Jawa Timur. “Walaupun IN khusus SMA/SMK tapi teman-teman MGBK SMP/MTs juga mengundang saya untuk menjadi nara sumber K13. Ini bentuk kerja sama yang saling menguntungkan antara guru BK SMP/MTs dengan guru BK SMA/SMK/MA,” aku pengurus Ikatan Bimbingan Konseling Sekolah (IBKS) Sidoarjo.
Lanjutnya, meskipun berjibun aktifitas dan organisasi profesi yang diikuti, tidak membuat kendor memberikan layanan BK kepada siswanya. Sekira 350 siswa asuhnya selalu bisa terlayani dengan baik, dengan layanan BK yang penuh inovatif dan kreatif. ” Dan telah beberapa kali hasil inovasi dalam layanan BK telah dimuat di harian Bhirawa ini,” katanya sembari tersenyum riang.
Dalam waktu dekat, Pak Juve akan menerbitkan buku sejarah yang berkaitan dengan peninggalan jaman Hindu dan cerita rakyat yang ada di Sidoarjo. “Data-data pelengkap sudah terkumpul, tinggal menatanya. Untuk terbitnya, maaf, saya rahsiakan dulu waktunya,” katanya.
Untuk memperdalam bukunya, Ia harus belajar bahasa Jawa kuno dan bahasa Belanda agar bisa menerjemahkan kitab dan buku kuno sebagai sumber pustakanya. Selain bantuan kamus dan translate, juga berkorespondensi dengan beberapa pemerhati sejarah dan ilmuan.
Semua ini saya sajikan untuk anak cucu kita agar mereka memahami bahwa kebesaran nenek moyangnya itu memang nyata, dan ini harus menjadi penyemangat untuk membangun bangsa dan negara Indonesia tercinta. “Jadi, manfaat menulis itu bisa membagikan atau sharing pengalaman mengajarnya kepada guru lain. Juga, sebagai sarana untuk mengembangkan potensi diri,” pungkas Pak Juve. [ach]

Rate this article!
Gemar Menelusuri Sejarah,5 / 5 ( 1votes )
Tags: