Gencar Operasi, Satpol PP Kota Blitar Akui Masyarakat Mulai Tertib

Hadi Maskun

Kota Blitar, Bhirawa
Sering dilaksanakan Operasi atau Razia Bermasker di Kota Blitar oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Blitar, kini masyarakat Kota Blitar sudah terbiasa tertib bermasker.

Plt Kepala Satpol PP Kota Blitar, Hadi Maskun mengatakan dari pelaksanaan operasi bermasker setiap hari dilakukannya di berbagai tempat, kini telah membuahkan hasil. Bahkan masyarakat makin disiplin memakai masker saat pandemi Covid-19.

“Setiap hari kami melakukan razia, mulai pagi sampai malam, hasilnya kini masyarakat mulai tertib bermasker tanpa harus kita ingatkan,” kata Plt Kepala Satpol PP Kota Blitar, Hadi Masikun.

Lanjut Hadi Maskun, secara fakta saat ini dilihat dari hasil operasi yang dilakukan bersama-sama jajaran Polres Blitar Kota, Kodim 0808 Blitar dan berbagai pihak, jumlahnya pelanggar tanpa masker mulai menurun dibandingkan dengan awal dilaksanakan operasi bermasker.

“Sampai saat ini semakin sedikitnya jumlah warga yang melakukan pelanggaran dengan tidak memakai masker,” ujarnya.

Diakui Hadi Maskun, awal dilaksanakannya razia masker, per jam bisa sampai 30 pelanggar, namun mulai sepekan ini, rata-rata per jam tidak sampai 10 pelanggar.

“Ada yang melanggar, tapi bukanya tidak pakai masker, namun hanya pememakaian masker kurang benar,” jelasnya.

Tambah Hadi Maskun, dari data Satpol PP Kota Blitar, sejak digelar Operasi Yustisi sampai hari ini, total ada sebanyak 1.728 pelanggar. Dengan rincian ada 1.123 yang menjalani pembinaan di tempat, 83 menjalani sidang di tempat, 266 KTP-nya disita dan 89 terkena pasal tipiring.

“Untuk pelaku usaha ada 136 kami berikan teguran tertulis dan 31 kena pasal tipiring,” imbuhnya. [htn]

Tags: