Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya Dimajukan

12-gerakSurabaya, Bhirawa
Lomba Gerak Jalan Perjuangan Surabaya-Mojokerto (GJPMS) yang semula digelar pada Sabtu 22 Nopember, dirubah pelaksanaannya pada Jumat, 21 Nopember. Perubahan ini dilakukan setelah Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Jatim melakukan koordinasi dengan Polda dan Pemprov Jatim.
Menurut Kepala Dispora Jatim, Dr Sugeng Riyono yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Rekreasi, Hartiin, SH perubahan itu dilakukan untuk menyesuaikan jadwal Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo dan Forpimda yang akan melepas peserta.
“Perubahan ini menyesuaikan dengan kegiatan Pak Gubernur. Jadi, khusus untuk tahun ini lomba gerak jalan digelar tidak seperti biasanya pada akhir pekan (hari Sabtu), tapi hari kerja Jumat,” kata Hartiin saat ditemui di Dispora Jatim Jalan Kayoon, Surabaya, Selasa (11/12).
Gubernur Jatim Soekarwo bersama jajaran Forpimda dijadwalkan melepas keberangkatan peserta lomba dari Alun-Alun Kota Mojokerto dan finis lomba di depan Tugu Pahlawan Surabaya.
Akibat perubahan jadwal tersebut, lanjut Hartiin, pihak panitia harus kembali melakukan koordinasi dengan Kepolisian Daerah Jatim terkait pengamanan jalur lomba dari arah Mojokerto menuju Surabaya.
“Selain itu, kami juga harus memberitahukan perubahan jadwal tersebut kepada ribuan peserta yang sudah mendaftar. Mereka kita kirimi SMS (pesan singkat) satu-persatu, meskipun ada sebagian yang komplain karena lomba digelar pas hari aktif kerja,” tambahnya.
Kendati tidak digelar akhir pekan, Hartiin tetap optimistis target sekitar 10.000 peserta bisa tercapai.
“Hingga saat ini, jumlah peserta yang sudah mendaftarkan diri sebanyak 7.148 orang, terdiri dari 1.844 peserta perorangan dan 408 regu. Jumlah peserta dipastikan bertambah karena pendaftaran masih dibuka hingga jelang pelaksanaan lomba,” katanya.
Pada lomba gerak jalan Mojokerto-Surabaya tahun 2013, peserta yang ambil bagian mencapai 9.546 orang, terdiri atas 2.799 peserta perorangan, 499 regu umum dan 20 regu TNI/Polri.
Sementara itu, Ketua FORMI Jatim Suparman menambahkan kegiatan lomba gerak jalan tahun ini akan dimeriahkan dengan Festival Sepeda Kuno yang diikuti ribuan penggemar sepeda kuno dari berbagai daerah di Jatim dan luar daerah.
“Untuk festival sepeda kuno ini, kami menggandeng Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Jatim. Mereka akan diberangkatkan lebih awal sebelum peserta gerak jalan,” ujarnya.
Rute yang akan dilalui peserta yakni, Alun-alun Mojokerto (Start)-Jalan Mojopahit-Jalan Bhayangkara-Jalan Gajah Mada-Jalan Raya Ajinomoto-Depan Pabrik CIWI-Krian-Sepanjang-Karang Pilang-Jalan Gunungsari- (Yani Golf)-Jalan Hayam Wuruk-Jalan Kutai-Jalan Diponegoro-Jalan Pasar Kembang-Jalan Kedungdoro-Jalan Blauran-Jalan Bubutan-Jalan Pahlawan-Jalan Kebon Rojo-Tugu Pahlawan (finish). [wwn]

Keterangan Foto : Hingga kemarin siang pendaftar gerak jalan Mojokerto-Surabaya sudah mencapai 9.546 orang. Kabid Pengembangan Olahraga Rekreasi Dispora Jatim, Hartiin, saat memberikan nomor kepada calon peserta. [wawan triyanto/bhirawa]

Tags: