GIIAS Auto Show Gelar Pameran Kelas Internasional di Surabaya

Dari kanan, Yusuf Karm Ungsi, Eddy Sumedi, Kukuh Kumara, Andi Wirmansyah.

Surabaya, Bhirawa
GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) akan melanjutkan keberhasilan pelaksanaan GIIAS sekaligus melanjutkan rangkaian kesuksesannya untuk tahun 2017 di Surabaya. GIIAS Surabaya Auto Show akan digelar tanggal 20-24 Sentember 2017 di Grand City Convex Surabaya.
“Rangkaian GIIAS dibuka di Makassar buIan Mei yang Ialu, dilanjutkan di ICE BSD Tangerang, dan kini kami akan kembaii membawa GIIAS ke Surabaya. Kami berharap pameran ini dapat mendongkrak pertumbuhan industri di Jawa Timur, khususnya Surabaya,” terang Kukuh Kumara, Sekretaris Jenderal GAIKINDO Kamis (14/9) kemarin.
GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) lanjutnya, di ICE BSD yang teIah sukses diseienggarakan tanggal 10-20 Agustus 2017 dipercaya menjadi saIah satu faktor yang memberikan kontribusi positif untuk mendongkrak industri otomotif nasional. DaIam pameran tersebut sebanyak 32 merek kendaraan bermotor anggota GAIKINDO.
GIIAS 2017 mejadi tempat peluncuran 3 world premier atau peluncuran perdana didunia, dan 47 model kendaraan terbaru juga ditampilkan para peserta GIIAS 2017. GIIAS Surabaya Auto Show 2017 juga akan menghadirkan sebagian besar dari mobil-mobil baru tersebut.
Berdasarkan data GAIKINDO, penjualan kendaraan bermotor sepanjang Ianuari-Juli 2017 mencapai 533.570 unit. Angka tersebut Iebih tinggi 0,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun Ialu. Begitu puIa dengan penjualan mobii di Jawa Timur yang mengalami sedikit peningkatan.
Meski kinerja penjuaIan mobiI di Jawa Timur seIama semester I/2017 mencapai 64.000 unit, tumbuh 2,796 dibanding periode yang sama tahun IaIu, GAIKINDO optimis akan terjadi peningkatan penjuaIan pada semester II. HaI ini ditandai dengan turunnya anggaran pemerintah untuk proyek-proyek infrastruktur, sehingga ekonomi akan bergerak.
Kukuh juga menjeIaskan, pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor sampai saat ini konsentrasinya masih di Jawa. Namun yang menarik adalah adanya tren penjualan domestik kendaraan bermotor teIah bergeser ke provinsi-provinsi berkembang, tidak Iagi terkonsentrasi di DKI Jakarta. SaIah satu penyebabnya adaIah pembatasan kendaraan bermotor baik roda empat dan roda dua di jaian~jaian protokol di Jakarta.
Menurutnya, jumIah penjualan mobii di Jawa Barat mencapai 207.000 unit di tahun Ialu. Sedangkan DKI Jakarta mencapai 203.000 unit disusuI beberapa provinsi Iain di PuIau Jawa. “Hingga semester I tahun ini, Jawa Timur masih menduduki peringkat ketiga penjualan otomotif secara nasionaI.Terjadi kena’kan penjualan sebesar 68%. Adanya GIIAS Surabaya akan terus memantapkan posisi Jawa Timur terse at,” ungkap Kukuh.
Andy Wismarsyah, Presiden Direktur Amara Group menyebutkan bahwa GIIAS Suraba ada keterkaitan dengan dua pameran GIIAS sebelumnya. “Harapan kami kesuksesan GIIAS Makasar dengan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD juga akan menular Surabaya. Pameran GIIAS Surabaya Auto Show 2017 akan merepresentasikan pameran otomotif terbesar di lndonesia, yang telah diakui oleh dunia,” ujamya.
Lebih lanjut, Andy berharap kerjasama sinergis antara Amara Group melalui One Event dan GAlKlNDO bisa berjalan balk hingga perhelatan GllAS Surabaya 2017 yang akan dimulai sepekan mendatang. Hingga saat ini One Event telah merampungkan semua persiapan non teknis dan siap untuk menyulap kembali Grand City ConVex Surabaya menjadi arena pameran yang menarik.
Yusuf Karim Ungsi, Direktur One Event selaku organizer dari rangkaian GllAS 2017 mengungkapkan, dengan konsep baru ‘First Class Auto Show’, tahun ini GllAS Surabaya Auto Show 2017 akan memberikan pengalaman terbaik bagi pecinta otomotif di Surabaya, GllAS Surabaya Auto Show 2017 menghadirkan sejumlah brand unggulan yang turut meramaikan pameran kali ini. Masyarakat akan dipuaskan dengan hadirnya brand-brand terbaik dari Agen Pemegang Merek (APM) dengan kategori Passenger Cars, dan Commercial Cars.
Tahun lalu, GllAS Surabaya mengusung tema Autovaganza, kini tema tersebut berubah menjadi First Class Auto Show. Dari sisi peserta pameran, ada penambahan jumlah brand pendukung menjadi 20, sedangkan tahun lalu 15 brand. Ada gathering di area outdoor yang temanya berbeda setia p hari (GllAS Camping Ground, Ladies Night, Classic Night, Modification Sport, Konvoi All Communites) sehingga membuat pameran ini akan kian semarak.
“Kita tinggal menghitung hari untuk menggelar GllAS Surabaya 2017. Sejauh ini semua persiapan yang dilakukan sudah berjalan iancar, tinggal eksekusinya saja. Sebelum event beriangsung, kami dan GAlKlN DO telah menggelar aktivitas CSR seperti GllAS EduCare dan aksi donor darah, sebagai rangkaian acara yang selalu ada di GllAS Surabaya 2017,” papar Yusuf.
GllAS Surabaya digelar di Grand City Convex Surabaya dengan total luas area pameran mencapai 8.038 m2 dan area parkir 40.000 m2 dengan berbagai program promo dari APM serta kegiatanakegiatan yang menarik seperti Workshop Otomotif NMAA, Audio Battle Community, Test Drive, serta berbagai kegiatan yang bersifat sosial seperti EduCare, Student Day, Pavilion iKM Otomotif Jawa Timur, dan Bantuan Serti’rikasi SMK 3 Boyolangu Tulungagung.
GllAS Surabaya Auto Show 2017 merupakan rangkaian ketiga gkegiatan GllAS 2017 setelah GllAS Makassar Auto Show 2017 yang berlangsung tanggal 10-14 Mei 2017 dan diikuti dengan GllAS lCE BSD tanggal 10-20 Agustus 2017, dan akan ditutup dengan GllAS Medan Auto Show pada 22-26 November 2017. Untuk informasi lebih lengkap mengenai GllAS Surabaya Auto Show 2017, silakan buka laman surabaya autoshow.com. [ma]

Tags: