Google Kampanye SelaluTauYangSeru di Surabaya

Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami (tengah) saat kampanye #SelaluTauYangSeru dengan Google App di Surabaya, Senin (7/11). [trie diana]

Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami (tengah) saat kampanye #SelaluTauYangSeru dengan Google App di Surabaya, Senin (7/11). [trie diana]

Peringati Hari Pahlawan
Surabaya, Bhirawa
Menjelang Hari Pahlawan 10 November mendatang, Google Indonesia mengajak masyarakat dan wisatawan  merasakan kemudahan dan keseruan mengeksplor pengalaman lokal di Surabaya melalui kampanye #SelaluTauYangSeru dengan Google App.
Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami menjelaskan melalui kampanye ini pihaknya ingin menunjukkan bagaimana aplikasi Google App bisa menjadi asisten ideal bagi masyarakat dan wisatawan yang ingin mengetahui hal-hal menarik yang dimiliki Surabaya.
“Bertepatan dengan momen Hari Pahlawan,  kami ingin menggabungkan pengalaman mengeksplor spot-spot unik sembari mengenal hal-hal bersejarah yang tersebar di Kota Pahlawan,” kata Veronica di sela-sela kegiatan #SelaluTauYangSeru di Surabaya, Senin (7/11).
Kampanye di Surabaya akan digelar selama tujuh hari, mulai 7 hingga 13 November di tujuh tempat berbeda. Mulai kemarin, warga dan wisatawan bisa mencari tempat-tempat rekomendasi Google App untuk suguhan spesial.
Tidak hanya di Surabaya, kampanye serupa digelar Google Indonesia di empat kota besar lainnya yakni Jakarta, Bandung. Setelah dari Surabaya akan ke Jogjakarta dan Medan.  “Kelima kota besar itu memiliki pengguna smartphone dan internet yang cukup tinggi. Ini yang menjadi bidikan kami,” kata Veronica lagi.
Google App adalah aplikasi besutan Google yang memungkinkan penggunanya melakukan search dengan suara. Selain bertanya langsung kepada Google, Google App juga bisa melakukan perintah pemesanan transportasi umum online seperti Gojek dan Grab.
Dijelaskan Veronica, sejak diluncurkan aplikasi ini ada lonjakan penelusuran di mesin Google menggunakan suara hingga 50%.  Secara nasional, pencarian aplikasi terbesar  untuk entertainment  (berita selebriti, jadwal nonton), tutorial (cara membuat masakan, memakai jilbab dll) hingga pencari lokasi tempat.   Sayangnya Veronica enggan merinci data lebih lanjut terkait peningkatan lalulintas aplikasi tersebut di Indonesia.
Salah satu pengguna Apple App, Katrin mengaku baru akhir-akhir ini menggunakan fasilitas dari Google khususnya untuk pesan ojek online. Sebelumnya dia menggunakan fasilitas ini untuk mencari tahu lokasi-lokasi unik di suatu kota, misalnya tempat oleh-oleh, rumah makan khas suatu daerah. “Aplikasi ini sudah lama saya gunakan. Saya baru tahu kalau mencari alamat di Google, bisa langsung pesan ojek online menuju kesana,” tutur Katrin. [tis]

Tags: